Kata Sapaan Dalam Fabel Bertujuan Untuk Membuat Cerita Menjadi Lebih


Kata Sapaan Dalam Fabel Bertujuan Untuk Membuat Cerita Menjadi Lebih

Kata sapaan dalam fabel bertujuan untuk membuat cerita lebih

1. Kata sapaan dalam fabel bertujuan untuk membuat cerita lebih


Jawaban:

hai apa kabar kalian semua membuat cerita lebih menarik

Penjelasan:

semoga membantu:)

2. "Hai Ratna, apakah kamu sudah makan?" kata sapaan dalam fabel bertujuan untuk membuat cerita menjadi lebih...​


Jawaban:

"Hai Ratna, apakah kamu sudah makan?" kata sapaan dalam fabel bertujuan untuk membuat cerita menjadi lebih menarik

Penjelasan:

[ Fabel adalah legenda binatang ]

Kata sapaan dalam fabel bertujuan untuk membuat cerita menjadi lebih menarik .

Detail jawaban :

Class : IV

Mapel : Bahasa Indonesia

Bab : -


3. Kata sapaan apakah yang sesuai untuk cerita dalam fabel trsebut


Jawaban:

hidup lah sepasang orang utan

Penjelasan:

maaf kalo sala

Jawaban:

hidup seorang dua orang hutan


4. sebutkan kata sapaan yang terdapat dalam cerita fabel Bebek selalu hidup rukun?​


Jawaban:

Di sebuah hutan, tinggallah keluarga Bebek di tengah hutan yang terdiri dari Ayah dan empat anak Bebek. Ayah Bebek punya anak bungsu yang lucu dan baik hati, kakaknya sangat menyanyanginya. Karena sifatnya berasal, ia sangat disayang oleh seluruh binatang hutan.

Namun, sangat disayangkan. Bebek bungsu tidak bias berenang. Setiap kali berenang, ia hanya duduk di pinggir hutan. Bebek bungsu tidak pernah mencoba untuk berenang. Namun, ia malah tenggelam. Karena saat itu ia sangat takut dengan udara.

Cerita Dongeng Fabel Anak Bebek Belajar Berenang

Cerita Dongeng Fabel Anak Bebek Belajar Berenang

'' Hei Bebek bungsu, Kenapa kau hanya duduk di sini? Mengapa kamu tidak ikut berenang bersama kakak-kakakmu? '' Tanya Kancil.

Yang dibahas hanya menggelengkan kepala.

'' Aku tidak bias berenang Cil. '' Ujarnya sedih.

'' Kau takut berenang? Berenang itu sangat mengasikkan '' ujar Kancil.

'' Bagaimana kau tahu, berenang itu menyenangkan? Padahal kau tidak pernah berenang. '' Tanya Bebek bungsu tidak percaya.

'' Justru itu, aku ingin sekali seperti kamu. Lihatlah keluargamu, mereka dapat menyebrangi sungai tanpa menggunakan jembatan. Mereka dapat bersenda gurau dengan ikan dan bias mendapatkan makanan di udara. Namun, saya tidak bias melakukan hal seperti itu '' jelas Kancil.

'' Kau benar-benar Cil. Tapi, aku sangat takut tenggelam. '' Ujar Bebek bungsu.

'' Bebek Bungsu, lihatlah tiga kakakmu. Apakah mereka tenggelam? Tidakkan? Kenapa tidak? Karena tubuh mereka memang cocok untuk berenang. Kaki, tubuhmu, bulu memang diciptakan untuk bias berenang dan tidak akan tenggelam. Mungkin saat itu, kamu terlalu berhasil berenang sehingga hanya kamu saja yang tenggelam. '' Ujar Kancil menjelaskan dan memberi semangat.

Akhirnya, timbullah niat dari Bebek bungsu untuk berenang seperti tiga kakaknya. Kata-kata yang Kancil membuat termotivasi untuk mencoba berenang.

'' Kancil, terimasih banyak karena kamu sudah memberikan motivasi untuk mencoba berenang. Hari ini, saya akan mulai mencoba belajar berenang. '' Ujar Bebek bungsu.

Sejak saat terbukti, Bebek mulai belajar berenang bersama bersama. Ketiga kakaknya mengajarkan Bebek bungsu dengan sangat sabar. Ketiga kakaknya disimpan sang adk agar tidak tenggelam. Setalah berusaha dengan sangat keras. Akhirnya, Bebek bungsu bisa berenang.

'' Horeee, aku bias berenang. '' Ujar Bebek bungsu sangat senang.

Bebek Bungsu sangat senang karena ia bisa berenang seperti ketiga kakakya. Ia mengucapkan terima kasih kepada kakaknya karena dengan sabar mereka mengajarinya. Ia pun sangat berterima kasih kepada Kancil karena sudah memberikan semangat untuk belajar, berusaha dan tidak menyerah.


5. bagai mana membuat cerita fabel yang menggunakan kata penghubung lalu,kemudian,dan akhirnya


tingga buat aja cari kata kata yang pas..contoh..si kucing berjalan jalan di pagi hari,kemudian datanglah seekor tikus,lalu si kucing mengejar tikus itu, dan akhirnya si kucing berhasil mendapatkan tikus itu.

6. Membuat cerita fabel demgan kata kata sendiri


"Kemuliaan Hati sang Kupu-Kupu:


Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman.Ia sangat senang karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang sangat indah.Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu.
                        Ia melihat sebuah kepompong yang menggantung diranting .Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana."Hai,kepompong alangkah buruk nasibmu .kamu hanya bisa terdiam dan tergantung disitu .Ayo jalan-jalan lihat taman ini yang luas dan indah ini ,Bagaimana nasibmu bila rangting itu patah ? "kepompong itu  hanya terdiam.
               Hingga pada suatu hari ,semut berjalan jalan di taman itu ,karena hujan taman itu di penuhi lumpur sehingga semut pun tergelincir dan jatuh ke lumpur,semut itu jatuh .Semut itu berteriak minta tolong sekencang mungkin.
           "Tolong,bantu aku ,aku mau tenggelam tolong...tolong...tolong aku!!!"
                  untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu terbang melintas kemudian kupu-kupu itu menjulurkan sebuah rangting ke arah semut .
           "Semut peganglah erat-erat ranting itu ,nanti aku akan mengangkat ranting itu " Lalu si semut memegang erat-erat rangting itu ,dengan sekuat tenaga kupu-kupu mengankat ranting itu ,lalu kupu-kupu menurunkanya di tempat yang aman .Semut berterimakasih kepada kupu-kupu karena telah menolong nyawanya.
           "aku adalah kepompong yang pernah kau ejek ",kata si kupu-kupu.
ternyata kepompong yang dulu diejek nya sudah menyelamatkanya ,akhirnya sang semut pun berjanji tidak akan akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu .

7. apakah tujuan cerita fabel


untuk menghibur para pembaca atau pendengar dan menyampaikan pesan moral yang terkandung di dalam ceritauntuk menyampaikan pesan moral kepada para pembacanya

8. buatlah cerita fabel yang ada Penggunaan Kata Hubung Lalu, Kemudian, dan Akhirnya


Pada suatu hari, ada seekor siput yang sedang makan rumput. Setelah itu ia melihat ada manggis jatuh daei pohon, lalu ia cepat cepat untuk mengambilnya, tetapi si moyet telah mengambilnya. Siput sangat marah dengan sikap monyet.

Kemudian, ada manggis lagi jatuh ke cangkangnya siput, tau tau ada sang kancil memakan manggis mengenai cangkangnya, siput marah lagi. Sang kancil mengatakan kalau dia itu lamban. Lalu sang siput menantang ia untuk lomba lari.

Keesokan harinya mereka benar2 ikut lomba lari, siput dengan sombongnya melaju, saat itu kancil heran, mengapa siput menjadi cepat, akhirnya setelah 20 menit berlomba, sang siput lah juaranya.

Setelah itu, kancil merasa ragu, kemarin aja siput cangkangnya bolong kok sekarang tidak, akhirnya siput mengakui kesalahannya

9. apa makna dan tujuan teks cerita fabel dibuat ?


Untuk mengajarkan nilai-nilai moral secara sederhana dan mudah dicerna. untuk menasihati pembaca berdasarkan amanah yang terkandung didalam cerita fabel tersebut, bisa juga untuk menghibur pembaca

10. apa makna dan tujuan teks cerita fabel dibuat ?


untuk menyampaikan pesan pesan moral ke pembacaFabel adalah dongeng atau cerita yang peran tokohnya adalah hewan hewan tujuajnnya dapat menghibur dan menghidupkan peran peran binatang bagi setiap pembaca

11. Apakah tujuan cerita fabel?


tujuannya mendidik anak anak karena cerita fabel lebih mudah dipahami.Bismillahirrahmanirrahim

Mapel: bahasa Indonesia
Kategori; cerita fabel

Pembahasan:

Cerita fabel berfungsi untuk menghibur para pembaca nya Melalui kisah fantasi

12. buatkan puisi fabel dan ubahlah menjadi cerita fabel . Trims.....


kelinci putih
oh kelinci putih...
namamu seindah warna bulumu 
juga wajahmu yang sangat lucu
membuat aku sangat kagum padamu
ketika pagi menjelang, kau melompat-lompat riang
menyambut hangatnya matahari pagi
oh kelinci putih...
betapa senangnya diriku jika aku bisa terus bersamamu


CERITA FABEL
   Pada suatu hari ada seekor kelinci yang sangat lucu yang sedang berjalan jalan bersama majikannya.majikannya sangat menyayangi kelici itu.kelinci itu berwarnah putih.
   Warna nya tampak cocok untuk kelinci yang bermuka lucu.dia selalu bermain di deepan rumah majikannya.ia sangat menyukai wortel yang di tambahi dengan sedikit garam "nyam...nyam...enak sekali wortel ini. sungguh betapa majikanku menyayangi diriku" kata ssang keelinci. ia .merasa majikannya menganggapnya seperti anaak nya sendiri.
  


13. Kata sapaan dala cerita fabel


si : utk lemah

sang : utk yg kuat


14. pelajaran ppknkata sapaan apakah yang sesuai untuk cerita dalam fabel tersebut ​


Jawaban:

kata sapaan dalam cerita fabel biasanya : halo


15. Buatlah cerita fabel minimal 150 kata​


Penjelasan:

liat di YouTube atau google

Si Kancil

Pada suatu hari ada seekor kancil yang bernama Keli dan baik hati. Dia selalu menolong hewan yang sedang kesulitan. Tetapi pada saat itu, dia sedang sakit dan tidak tahu harus berbuat apa. Pada suatu hari, ada seekor hewan yang mau merawatnya, dan hewan itu bernama Moli. Dia seekor kelinci yang tidak mempunyai teman. Dia mau menolong Si Kancil karena ia ingin menjadi teman Si Kancil dan ingin menjadi teman yang baik bagi Si Kancil. Saat Si Kancil sembuh, mereka pun berteman dan bermain bersama.

-Tamat-

otakku pusing :)


16. Apakah tujuan cerita fabel


tujuannya sebagai hiburan dan menyampaikan pesantujuan cerita fabel
==>untuk menghibur para pembaca atau pendengar
==>mengajarkan pesan moral agar lebih mudah dimengerti oleh pembaca khususnya anak anak

17. buatlah cerita fabel dengan kata-katamu sendiri


Dongeng beruang dan lebah

Seekor beruang menjelajahi hutan untuk mencari buah-buahan, menemukan pohon tumbang di mana pada pohon tersebut terdapat sarang tempat lebah menyimpan madu. Beruang itu mulai mengendus-endus dengan hati-hati di sekitar pohon tumbang tersebut untuk mencari tahu apakah lebah-lebah sedang berada dalam sarang tersebut. Tepat pada saat itu, sekumpulan kecil lebah terbang pulang dengan membawa banyak madu. Lebah-lebah yang pulang tersebut, tahu akan maksud sang Beruang, dan mulai terbang mendekati sang Beruang,lebah menyengatnya dengan tajam lalu lari bersembunyi ke dalam lubang batang pohon.Beruang tersebut menjadi sangat marah dan seketika itu juga, loncat ke atas batang yang tumbang tersebut dan dengan cakarnya menghancurkan sarang lebah. Tetapi hal ini malah membuat seluruh kawanan lebah yg berada dalam sarang, keluar dan menyerang sang Beruang. Beruang yang sial itu akhirnya lari terbirit-birit dan hanya dapat menyelamatkan dirinya dengan cara menyelam ke dalam air sungai.

18. buatlah cerita pendek dengan kata-kata sendiri tentang fabel.


pada suatu hari yang cerah ada seekor lalat yang hinggap di jendela lalat pun melihat nyamuk di tubuh orang lalat menghampirinya lalat dan nyamuk bertengkar gara gara saya

19. kata sapaan apakah yg sesuai untuk cerita dalam fabel tersebut


kata sapaan untuk cerita fabel

"hai semut sedang apa kau""wahai buaya mengapa engkau makan diriku"

semoga membantu ya ❤️

Halo

2. Atau Haii

Semoga Membantu

DAN JADIKAN YANG TERBAIK


20. Buatlah cerita fabel 500 kata tentang persahabatan


Jawaban:

Merpati dan semut

Disuatu zaman dahulu, hiduplah seekor semut dan seekor merpati. Mereka adalah dua sahabat yang baik. Mereka sedang pergi ke hutan untuk mencari makan. Merpati dengan mudah dapat mencari makan karena merpati bisa terbang dan mengangkat makanan walau yang besar sekalipun. Tetapi berbeda dengan semut yang hanya dapat membawa makanan yang sangat kecil dan ringan. Pada suatu hari mereka bertengkar kareana ada suatu masalah. Dan setelah lama tak berjumpa, mereka pun bertemu lagi dengan hati yang damai dan  mertpati masih marah kepada semut

Disuatru hari, semut sedang berjaan dan bertemu dengan merpati yang sedang hinggap didahan sebauh pohon. Laulu semut berkata kepada merpati, ‘hai merpati, maukah kau membantuku?’ merpati berkata, ‘membantu apa wahai semut yang jelek?’ semut berkata, ‘bisa kah kau membantuku dalam hal mencari makan hari ini? Jujur aku sudah seminggu tidak makan dan juju raku sangat lapar.’ Ungkap semut. Lalu merpati pun mengejek,’salah sendiri semut mengapa kau mempunyai badan yang kecil. Lihat aku sudah besar, bisa terbang pula. Bukan macam kau ynag kecil kurus hitam dan hanya bisa mengangkat beban yang sangar ringan. Sudah nasib mu lah semut kau tidak bisa mencari makan sendiri. Tapi baik aku akan membantu mu mencari makan hari ini, cukup hari ini dengan syarat untuk hari selanjutnya kau harus membawakan aaku makan dalam jumlah banyak dalam seminggu sehingga begitu aku tidak perlu mencari makan.’ Semut pun trkejut dan berkata, ‘sudahlah jika kau tak mau membntu ku. Aku akan mencari makan sendiri. Aku tidak mau berteman dengan kawwan sepertimuy merpati. Tidak akan. Lalu merpati pun berkata, ‘bisa apa kau tanpa ku? Dengan badan mu yang kecil, kau akan mencari makan sendiri? Ah sudahlah kau adalh makhluk yng tidak tahu diri semut’. Lalu semut pun pergi dengan perasaan sedih meniggallkan merpati yang sedang mengolok olok sang semut. Lalu semut pun pergi mencari makan sendiri.

Pada suatu hari, terdengar di telinga semut bahwa ada beberapa orang pemburu yang masuk hutan dan ingin member hewa hewan dihutan tersebut. Semut yang merasa badannya kecil dan tak Nampak itu pun berpendapat bahwa dia tak perlu takut dan bersembunyi karena badannya sangat kecil dan susah unutk dilihat dan sangat tidak mungkin untuk dburu. Ssaat dia berjalan, semut melihaa bahwa sudah banyak hewan hewan yang ditangkap oleh pemburu tersebut. Dan ia pun teringat kepada sahabat lamanya merpati. Ia pun sangat khawatir dengan ssahabatnya merpati itu. Dan ia pun bergegas mencari dimana merpati berada. Setelah lam tidak dapat sang merpati itu, semut pun berpikir bahwa sang merpati telah mengejeknya dulu dan untuk apa dia menyelamatkan merpati. Lalu ia pun pergi dengan mengurungkan niat unutk mencari merpati. Setelah berjalan ia pun melihat pemburu tersebut dan terlihat sedang meninting target. Semut pun terkejut karena yang dijadikan terget tersebut ialah sahabatnya, merpati. Ia pun terkejut dan langsung berpikir bagaimana menyelamatkan merpati itu. Lalu dia pun mendapat akal untuk menggit kaki pemburu tersebut. Dan ternyata berhasil. Pelurunya meleset dan mendengan itu merpati pun terkejut. Dilihatnya semut yang sedang meggit tersebut akan dibunuhu pemburu maka merpati pun menyelamatkan semut titu. Pemburu pun terkejut sehingga langsung lari.

Akhirnya setelah bermaafan, merpati berterima kasih dan meminta maaf pada semut karena telah menyakitinya. Mereka oun berteman lagi seperti dahulu dan mencari makan Bersama lagi.

tamat

Penjelasan:


Video Terkait


Comments