Apa Yang Menyebabkan Perubahan Fisik Baik Pada Laki-laki Dan Perempuan


Apa Yang Menyebabkan Perubahan Fisik Baik Pada Laki-laki Dan Perempuan

apa yang menyebabkan perubahan fisik baik pada laki laki dan perempuan?​

Daftar Isi

1. apa yang menyebabkan perubahan fisik baik pada laki laki dan perempuan?​


Jawaban:

Pubertas atau kalo suka olahraga atau kalo tidak pernah olahraga

perubahan fisik pada anak laki-laki dan perempuan saat pubertas disebabkan oleh hormon.

*sedikit penjelasan :

masa pubertas merupakan masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa disebut juga dengan masa remaja penyebab munculnya berbatas Ketika seseorang mencapai usia tertentu ialah hormon gnrh yang diproduksi dengan kelenjar pituitary.

penjelasan:

sekian dari Yugi

semoga membantu

//maaf klo salah//


2. Apa yang menyebabkan perubahan fisik baik pada laki-laki dan perempuan


Jawaban:

Pubertas adalah fase terjadinya perubahan pada tubuh saat anak-anak beranjak dewasa. Pada masa pubertas, banyak perubahan yang akan terjadi, baik pada anak perempuan atau laki-laki. Perubahan tersebut tidak saja sebatas perubahan fisik saja, tetapi juga perubahan secara emosional.

Ada perbedaan perubahan fisik yang terjadi pada anak laki-laki dan anak perempuan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan hormon yang ada di dalam tubuh. Cepat atau lambatnya perubahan fisik pada masa pubertas juga ditentukan oleh kinerja hormon di dalam tubuh masing-masing anak.

Perubahan fisik anak perempuan pada masa pubertas

Masa pubertas pada anak perempuan bisa dimulai saat menginjak usia 8-13 belas tahun. Namun, sering kali perubahan fisik pertama kali terjadi di sekitar usia 10 -11 tahun. Perubahan ini dapat terus berlanjut hingga usia 18 tahun.

Ketika anak perempuan akan mengalami pubertas, ovarium atau indung telur akan membesar dan memproduksi dua jenis hormon. Hormon tersebut bernama estrogen dan progesteron. Kedua hormon inilah yang akan menyebabkan perubahan fisik pada anak perempuan.

Beberapa perubahan fisik yang terjadi pada anak perempuan saat pubertas, di antaranya:

Tubuh tumbuh semakin tinggi, berat, dan kuat

Payudara yang semakin besar

Alat reproduksi, seperti vagina, rahim, dan tuba falopi, mulai berkembang

Tubuh mulai terbentuk seperti wanita dewasa, misalnya pinggang, panggul, dan bokong yang mulai membesar

Mulai tumbuh rambut di kemaluan dan area lainnya, seperti ketiak, kaki, dan lengan

Mulai mengalami keputihan

Mulai mengalami menstruasi

Bertambahnya produksi keringat

Kulit menjadi lebih berminyak. Jika tidak dirawat dengan baik, kondisi ini akan memicu pertumbuhan jerawat.

Setelah melalui masa pubertas, anak perempuan akan mulai mengalami menstruasi secara rutin. Oleh sebab itu, sebagai orangtua, penting untuk menjelaskan kepada anak tentang menstruasi dan konsekuensinya.

Perubahan fisik anak laki-laki pada masa pubertas

Masa pubertas pada anak laki-laki dapat dimulai saat usia 10- 15 tahun. Biasanya masa pubertas anak laki-laki mulai lebih lambat dari perempuan. Anak lak-laki umumnya pertama kali mengalami perubahan fisik saat berusia 11-12 tahun.

Perubahan fisik pada anak laki-laki dipengaruhi oleh hormon testosteron. Hormon ini dihasilkan oleh testis. Pada masa pubertas, hormon testosteron akan meningkat drastis.

Setelah produksi testosteron mencapai tahap yang cukup tinggi, hormon ini akan mulai memproduksi sperma. Perubahan fisik anak laki-laki lainnya pun akan terjadi, seperti:

Tubuh anak laki-laki akan semakin tinggi, berat, dan kuat

Otot-otot semakin besar

Dada dan bahunya semakin lebar (bidang)

Mulai tumbuh rambut di kemaluan, ketiak, lengan, dan kaki

Mulai tumbuh rambut di wajah, seperti kumis, janggut, dan jambang

Mengalami perubahan suara yang diawali dengan suara sering serak

Mulai tumbuh jakun di lehernya

Penis dan testis semakin besar

Lebih sering terjadi ereksi, kadang tanpa alasan

Mulai mengalami ejakulasi khususnya setelah mengalami mimpi basah

Bertambahnya produksi keringat

Kulit menjadi lebih berminyak. Kondisi ini bisa menimbulkan jerawat jika tidak dirawat dengan baik.

Dukungan orangtua kepada anak di masa pubertas

Pubertas bisa menjadi tantangan tersendiri bagi anak-anak dan orangtua. Selain perubahan fisik, pubertas juga menyebabkan perubahan emosi. Jangan heran jika ada kalanya anak menjadi pemurung atau mengalami perubahan perilaku.

Beberapa anak bisa merasa tidak aman dan nyaman dengan perubahan yang terjadi padanya. Misalnya, anak perempuan dapat mengalami perubahan suasana hati saat menstruasi, atau anak laki-laki merasa minder karena jerawatnya atau hal lain terkait kondisi mereka.

Penting sekali bagi orangtua untuk bertanya dan mendengarkan. Cobalah untuk memberikan reaksi dengan penuh kesabaran dan pengertian. Bicarakan tentang perubahan fisik dan emosi tersebut, lalu yakinkan kepada anak bahwa semua itu adalah bagian normal dari tahap kedewasaan.

Ajarkan pula beberapa hal yang diperlukan saat anak mengalami perubahan fisik karena pubertas, seperti:

Menjaga kebersihan tubuh agar tidak bau badan

Merawat wajah agar tidak berjerawat

Gigi geraham kedua biasanya tumbuh pada usia 13 tahun, pastikan anak selalu menjaga kesehatan giginya

Jika diperlukan, anak laki-laki bisa bercukur

Ajarkan untuk menjaga kebersihan organ intim saat anak perempuan menstruasi.


3. 1. Mengapa perkembangan bersifat reversible?Jawab: ......2. Apa yang menyebabkan perubahan fisik baik pada laki-laki dan perempuan?Jawab: ......3. Apa persamaan perubahan fisik laki-laki dengan perempuan pada masa pubertas?Jawab: ....4. Sebutkan perubahan fisik pada laki-laki masa pubertas!Jawab: ........5. Apa hormon yang berperan dalam masa pubertas anak laki-laki?Jawab: .......​


(1.)pertumbuhan brsifat irreversibel karena tidak dapat kmbali k bentuk awal. sedangkan perkembangan bersifat reversibel karena dapat kembali k bentuk awalnya misal tumbuhan dewasa yang berkembangbiak.

(2.)PerubahanFisikPadaAnakLaki-lakiDanPerempuanPadaSaatPubertasdisebabkanOlehHormon

(3.)Persamaan ciri-ciri fisik pubertas laki-laki dan perempuan adalah munculnya rambut di beberpa bagian tubuh dan muncul jerawat. Beberapa bagian tubuh yang ditumbuhi rambut seperti ketiak, area kemaluan, dan kaki. Selain itu, terjadinya perubahan suara pada laki-laki dan perempuan.

(4.)-Perubahan suara.

-Wajah timbul jerawat.

Wajah timbul jerawat.Perubahan pada payudara.

-Mimpi basah.

-Mengalami ereksi.

(5.)Fungsi hormon testosteron untuk seksualitas pria mungkin paling dikenal oleh banyak orang. Saat anak laki-laki memasuki fase pubertas, mereka akan mengalami perubahan fisik dan psikologis. Beberapa contoh perubahan tersebut, meliputi: Timbulnya hasrat seksual.

#selamatbelajar!

#janganlupafollowandthanksya!


4. tolong kak terima kasih ini dibutuhkan secepatnya.Apa yang menyebabkan perubahan fisik baik pada laki-kaki maupun perempuan ?​


Jawaban:

Dengan Bertambahnya Umur

Jawaban:

Ada perbedaan perubahan fisik yang terjadi pada anak laki-laki dan anak perempuan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan hormon yang ada di dalam tubuh. Cepat atau lambatnya perubahan fisik pada masa pubertas juga ditentukan oleh kinerja hormon di dalam tubuh masing-masing anak.

Penjelasan:

Maaf kalau salah

Semogamembantu ya


5. pernyataan yang tidak benar tentang puber adalaha.perubahan fisik sangat kelihatanb.hormon-hormon reprodukberfungsic.emosi tidak stabild.masa puber pada laki-laki lebih cepat daripada perempuan.2.perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut1.Pinggul melebar.2.Suara membesar.3.Muncul jerawat4.Tumbuh jakun. Hal-hal yang merupakan ciri-ciri pubertaslaki-laki adalaha. (1) dan (2)e. (2) dan (4)b. (1) dan (3)d. (2) dan (3)3.Tanda primer yang dialami perempuanpada masa pubertas adalah ..a.menghasilkan keringatb.menghasilkan hormon reproduksic. memiliki pingguld. memiliki banyak jerawat4.Supaya memiliki pergaulan yang benarmaka remaja harusa. bergaul dengan semua orangb. pandai dalam memilih pergaulanc.tidak bergaul dengan siapa pund. menutup diri maca masa kanak-kanak manusiamenghabiskan lebih banyak waktu bersamaRencarga, sedangkan pada masa remajamanusia cenderung mencari pergaulanluar keluarga. Hal tersebut menunjukkanperubahan dari segi vasa fisikc. emosib. pemikirand. sosial6.Peningkatan kelenjar minyak pada masapubertas menyebabkan tubuh mudanberkeringat sehingga kita harusa rajin berolahragab. menjaga kebersihan tubuhc.makan sedikit sajad. mandl lima kali sehari7.Pada masa pubertas tubuh kita berubahsecaraa. mendadakb. lambatc. bertahapd. tidak berubah8. Supaya dapat mengenali diri dengan baik,para remaja harusa meniru temanb. mendekatkan diri kepada Tuhanc. menutup dirid.egois​


Jawaban:

1. D. masa puber laki² lebih cepat dari perempuan itu pernyataan yang tidak benar.

2. E. 2 dan 4

3. B.

4. B.

5. D.

6. B.

7. C.

8. B.


6. 1.kesanggupan tubuh untuk melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain disebut......a.biomekanikab.fisiologic.kebugaran jasmanid.pendidikan jasmani2.istilah lain kesegaran/kebugaran jasmani adalah......a.fisiologycal fitnessb.fitnessc.physical fitnessd.physical endurance3.Berikut ini yang bukan merupakan komponen kebugaran jasmani adalah......a. kekuatanb.kelincahanc.keuletand.kecepatan4.Anak laki-laki cenderung memiliki kesegaran Jasmani yang lebih baik dibandingkan dengan anak perempuan karena......a laki-laki lebih tinggi dan besarb. laki-laki lebih kerasperempuan lebih mengutamakanperasaand. jaringan otot laki-laki lebih bagar5. Dengan teknologi yang serba canggih saatini membuat kesegaran Jasmani kebanyakan orang menurun. Hal tersebut disebabkan oleh......a ekonomi berkurangb. makanan kurang gizic.aktivitas fisik berkurangd. anggota keluarga berkurang5.Bentuk latihan yang mengharuskanseseorang melakukan gerakan dengan cepat dan mengubah arah dengan tangkastanpa kehilangan keseimbangan disebutlatihan......a daya tahan ototb. kecepatanc.kekuatand. Kelincahan7. Salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan adalah......a sprint trainingb weight trainingc.aerobicd. Jogging8.kunci pokok dari latihan kelincahan adalah......a adanya gerak yang lamab. adanya gerak pemberian bebanc.gerak keterampilan bervariasid. adanya perubahan arah gerak dengan cepat9. Latihan lempar tangkap bola basket dipantulkan ke arah dinding merupakanbentuk latihan......a kecepatan gerakb. kelincahan tangane. kelincahan kakid kekuatan tangan10. Lari dengan jarak dekat 10 meter dilakukan secara bolak-balik disebut dengan istilah......a.sprintb.shuttle runc.fartlekd.interval trainingtolong jawab yg benar​


Jawaban:

1.c

2.c

3.c

4.d

5.d

7.a

8.d

9.a

10.a


7. 1. Tuliskan pendapatmu mengapa manusia patut bersyukur?2. Tuliskan 5 bentuk syukur kepada ALLAH yang dapat kamu lakukan dalam kehidupansehari-hari3. Tuliskan apa yang dimaksud dengan masa puber4. Tuliskan 3 perubahan fisik dan fsikis yang terjadi pada laki-laki dan perempuan yangmengalami masa puber5. Berdasarkan pengalamanmu hal negatif apa yang teman pernah tawarkan kepadamu6. Tuliskan pendapatmu apa penyebab seseorang atau sekelompok pelajar melakukankesalahan seperti cabut pada saat jam belajar7. Tuliskan apa yang dimaksud dengan motivasi8. Dalam belajar apa saja hambatan yang kamu alami dan bagaimana cara kamu mengatasihambatan itu, tuliskan minimal 2!9. Apa yang kamu lakukan bila melihat teman-temanmu terlibat adu fisik baikdilingkungan sekolah maupun dilingkungan sosial10. Tuliskan bagaimana cara kamu agar terhindar dari keinginan mencontek pada saat ujiansekolah!​


Jawaban:

1. karena semua yang di dapat kan manusia itu atas izin Allah SWT ,kalau Allah tidak mengizinkan kita maka kita tak akan mendapatkan apapun

2 sholat

berzikir

membantu orang yang kesusahan

3 masa puper adalah masa peralihan dari anak anak menjadi dewasa

10.membaca buku sebelum ujian di mulai dan menghapal

Penjelasan:

semoga membantu


8. 1. Mengapa perkembangan bersifat reversible?Jawab: ......2. Apa yang menyebabkan perubahan fisik baik pada laki-laki dan perempuan?Jawab:...3. Apa persamaan perubahan fisik laki-laki dengan perempuan pada masa pubertas?Jawab: ....4. Sebutkan perubahan fisik pada laki-laki masa pubertas!Jawab: ....5. Apa hormon yang berperan dalam masa pubertas anak laki-laki?Jawab: ....​


Jawaban:

perkembangan bersifat reversibel karena dapat kembali k bentuk awalnya misal tumbuhan dewasa yang berkembangbiak.merupakan masa peralihan dari anak anak ke dewasa.Persamaan ciri-ciri fisik pubertas laki-laki dan perempuan adalah munculnya rambut di beberpa bagian tubuh dan muncul jerawat. Beberapa bagian tubuh yang ditumbuhi rambut seperti ketiak, area kemaluan, dan kaki. Selain itu, terjadinya perubahan suara pada laki-laki dan perempuan.Mengalami perubahan berat dan tinggi badan. Kedua hal ini adalah tanda pertumbuhan dan perkembangan yang jelas.Hasil TelusurCuplikan pilihan dari webPerkembangan seksualitasFungsi hormon testosteron untuk seksualitas pria mungkin paling dikenal oleh banyak orang. Saat anak laki-laki memasuki fase pubertas, mereka akan mengalami perubahan fisik dan psikologis. Beberapa contoh perubahan tersebut, meliputi: Timbulnya hasrat seksual.

Penjelasan:

maaf ya kalau ada yang salah kalau ada yang salah komentar aja ya


9. 1. Setiap warga Negara Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang harus diaksedengan penuh tanggung jawab Hak warga Negara Indonesia diatur dalam pasalUUD 1945. Tuliskan bunyi pasal 2BE ayat (1) !2.Bacalah paragraf berikutSiswa kelas VI SD 2 Kampung Baru, mulai tanggal 3 - 4 Februari 2019 melakukanpengamatan mengenal sungai yang terdekatMereka melaporkan kondisi sungal Debit airnya cukup, namun, masih ditemukansampah di sungai tersebut yang disebabkan oleh masyarakat yang belum menyadarakan kebersihan. Mereka masih membuang sampah tidak pada tempatnaya.Jelaskan informasi yang terdapat pada paragraf di atas!3.Masa pubertas ditunjukkan dengan mulai terjadinya perubahan pada tubuh anakdan perempuan. Tuliskan 3 perubahan fisik yang dialami oleh anak laki-laki dan jugaperempuan pada masa pubertas!4.Kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap bangsadunia begitu juga dengan bangsa Indonesia. Sebutkan makna proklamasi kemerdekabagi bangsa IndonesiaNegara Indonesia memiliki beragam budaya diantaranaya tari, lagu daeran danmusik. 5.Sebutka 3 alat musik dan asal daerahnya!yg jawab full terbaik dah !!​


Jawaban:

bantu no 5

Penjelasan:

angklung=jawa barat

gamelan=jawa tengah

kolintang=sulawesi utara

Jawaban:

nomor 5..3 alat musik dan asal daerahnya yaitu:

1.gambus berasal dari riau

2.gamelan berasal dari jawa tengah

3.bonang berasal dari jawa timur.


10. Di usia remaja dan masa pubertas terjadi perubahan fisik dan mental baik anak laki-laki dan perempuan. Apa yang menyebabkan terjadinya perubahan itu? TLONG YA KAKAK AKU BUTUH NIH :(


Jawaban:

laki-laki 14 pr 25 tahun

Jawaban:

Perubahan fisik di masa pubertas bisa berbeda pada anak laki-laki dan perempuan. Salah satunya anak perempuan akan mulai mengalami menstruasi dan anak laki-laki mulai tumbuh jakun di lehernya.

penjelasan:

semoga membantu:)


11. 1. Pubertas terjadi saat seseorang berada pada masa.... *5 poina. balitab. remajac. dewasad. usia lanjut2. Proses pubertas pada manusia berkaitan dengan kematangan organ-organ .... *5 poina. ekskresib. reproduksic. pencernaand. pernapasanCiri-ciri pubertas berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!1) Pinggul melebar2) Tumbuh kumis3) Payudara membesar4) Dada menajdi bidang3. Ciri-ciri perubahan fisik pada perempuan saat pubertas ditunjukkan oleh angka …. *5 poina. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 2 dan 44. Ciri-ciri perubahan fisik pada laki-laki saat pubertas ditunjukkan oleh angka.... *5 poina. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 2 dan 45. Rudi adalah anak laki-laki Pak Eko. Saat memasuki pubertas Rudi akan mengalami .... *5 poina. ovulasib. menstruasic. menopaused. mimpi basah6. Pada saat masa pubertas perempuan akan mengalami .... *5 poina. menstruasib. menopausec. pembuahand. mimpi basah7. Perubahan primer yang terjadi pada laki-laki saat masa pubertas adalah.... *5 poina. suara membesarb. dada menjadi bidangc. tumbuh rambut di ketiakd. sel kelamin jantan diproduksi8. Tonjolan di tengah leher laki-laki bagian depan adalah .... *5 poina. jakunb. jagungc. gondokd. janggut9. Berikut ini merupakan tanda-tanda pubertas, kecuali.... *5 poina. matangnya organ reproduksib. emosi tidak stabilc. ketergantungan kepada orang tuad. pertumbuhan dan perkembangan yang pesat10. Organ reproduksi yang tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan, kecuali.... *5 poina. infertilisasib. kemandulanc. infeksid. bersih11. Berikut cara merawat organ reproduksi laki-laki, kecuali .... *5 poina. mengganti celana dalam 2 kali seharib. menggunakan celana dalam berbahan nilonc. membersihkan kotoran dengan air bersihd. berkhitan / sunat12. Berikut cara merawat organ reproduksi perempuan, kecuali .... *5 poina. mengganti celana dalam 2 kali seharib. sering mengganti pembalut ketika sedang menstruasic. membersihkan organ reproduksi dengan air bersihd. menggunakan celana dalam yang tidak mudah menyerap keringat13. Masa pubertas perempuan ditandai berikut, kecuali .... *5 poina. menstruasib. tumbuh jakunc. payudara membesard. pinggul membesar14. Laki-laki biasanya mengalami pubertas pada usia .... tahun *5 poina. 8 - 13b. 10 - 15c. 13 - 15d. 8 - 1015. Perempuan biasanya mengalami pubertas pada usia .... tahun *5 poina. 8 - 13b. 10 - 15c. 13 - 15d. 8 - 1016. Kakak Bimo sekarang sudah tampak berkumis, dadanya lebih bidang, dan suaranya membesar. Munculnya ciri seperti itu menandakan memasuki .... *5 poina. masa anak-anakb. masa remajac. masa penuaand. masa peralihan17. Dimas mengalami masa pubertas pada usia 11 tahun, Nanda pada usia 13 tahun, sedangkan Hendra pada usia 15 tahun. Berdasarkan hal itu dapat disimpulkan bahwa ... *5 poina. awal masa pubertas tidak samab. awal masa pubertas samac. masa pubertas hanya muncul pada laki-lakid. masa pubertas diawali ketika anak-anak18. Berikut merupakan ciri-ciri perubahan fisik laki-laki saat pubertas adalah.... *5 poina. suara membesar dan tumbuh kumisb. pinggul melebar dan suara membesarc. pinggul melebar dan mimpi basahd. menstruasi dan tumbuh kumis19. Pasangan yang tepat pada pertumbuhan dan perkembangan manusia di bawah ini adalah.... *5 poina. balita: kekuatan tubuh mulai berkurangb. remaja: mengalami masa puberc. dewasa: mulai berbicara sederhanad. lanjut usia: mulai bekerja dan menikah20. Masa terjadinya perubahan fisik dan mental anak laki-laki dan anak perempuan yang disebabkan perubahan hormon .... *5 poina. perubahan primerb. menstruasic. perubahan sekunderd. pubertastolong dijawab ya :) kalau bisa benar semua :) ​


Jawaban:

1.b

2.b

3.b

4.d

5.d

6.a

7.d

8.a

9.a

10.c

11.b

12.b

13b

14.d

15.a

16.b

17.a

18.a

19.b

20.d

penjelasan: semoga membantu


12. Masa puber atau biasa disebut dengan pubertas adalah masa terjadinya perubahan fisik dan mental anak laki laki dan perempuan yang disebabkan oleh perubahan hormon di dalam tubuh. Pubertas juga disebut masa peralihan dari anak anak menjadi dewasa.Pada masa ini banyak perubahan perubahan baik secara perlahan maupun cepat.Cari.1.Judul dari paragraf di atasCari.2.Kata kunci dari paragraf di atas​


Jawaban:

1. judulnya "Puber Pada Remaja

2. terjadi perubahan fisik Pada remaja karena disebabkan oleh puber.

Penjelasan:

semoga membantu

Jawaban:

1. Masa puber

2.- Puber

- Pubertas


13. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!1. Apa yang dimaksud dengan masa pubertas?2. Apa yang menyebabkan perubahan fisik baik pada laki-laki dan perempuan?3. Tuliskan perbedaan ciri-ciri perubahan pada masa pubertas antara anak laki-laki dengaIPA (KD 3.2)Jawab:anak perempuan!Jawab: .....​


Jawaban:

1. Peralihan masa kanak kanak ke dewasa

2.Hormon

3. Laki laki : tumbuh jakun, dada membidang, suara memberat, otot menjadi lebih kuat, kulit menjadi kasar

perempuan : pinggul membesar, suara nyaring, kulit menjadi halus,

Jawaban:

1.pubertas adalah tahaapn ketika anak menjadi lebih dewasa secara seksual.

2.hal ini di sebabkan oleh perbedaan hormon yang ada di dalam tubuh.

3. A.perempuan:

payudara mulai tumbuh

panggul mulai melebar

pinggang mengecil

muncul lemak

tumbuh rambut di bagian tubuh

B.laki laki:

berkeringat dengan jumlah banyak

mengalami mimpi basah

tumbuh rambut di area tubuh

jerawat pada wajah dan kulit berminyak

mengalami pertambahan tinggi

Penjelasan:

jadikan jawaban tercerdas ya.jangan lupa follow


14. 4. Ciri perkembangan fisik yang dialami baik oleh anak laki-laki maupun perempuan adalah ....a. pelebaran pinggulb. suara menjadi semakin beratc. membesarnya pita suarad. tumbuhnya rambut di sekitar kemaluan dan ketiak5. Tumbuhnya jakun pada laki-laki menyebabkan terjadinya ....a. pertambahan tinggi badanb. perubahan suarac. perubahan berat badand. suara menjadi kecil​


jawaban nomor 4.

D.) tumbuhnya rambut di sekitar kemaluan dan

ketiak

jawaban nomor 5.

B.) perubahan suara


15. A. ayo memilih satu jawaban yg paling tepat!1. perubahan fisik yg tampak pada tubuh manusia dinamakan perubahan...a.primer. c.rohaniB.sekunder. d.jasmani2.selain perubahan fisik, pubertas juga berdampak pada perubahan psikis yg dapat berupa...a.menjadi pemaluB.emosi tidak stabilc.kecerdasan meningkat d.lebih malas belajar3.tumbuhannya jakunpada laki' menyebabkan terjadinya....a.pertambahan tinggi badanB.perubahan suarac.perubahan berat badand.suara menjadi kecil4.perubahan ciri ciri fisik masa pubertas sebagai berikut 1) pinggul melebar.2) tumbuhnya jakun.3) mengalami menstruasi4) dada menjadi bidangperubahan ciri ciri fisik masa pubertas pada laki laki di tunjukkan nomor.....a. 1) dan 2)b. 1) dan 3)c. 2) dan 3)d. 2) dan 4)5. kematangan perkembangan organ reproduksi pada laki laki di tandai dengan.......a. dada lebih besarb. tumbuhnya jakunc. mulai memproduksi spermad. suara menjadi berat B. ayo mengisi dengan jawaban yang tepat!1. hormon hormon seksual mulai berfungsi terjadi pada masa....2. tanda perubahan primer yang di alami perempuan pada masa pubertas adalah......3. pinggul menjadi besar dan mengalami menstruasi adalah perubahan pada masa pubertas bagi......4. bagian organ kelamin perempuan yang menghasilkan sel telur adalah....5. salah satu bagian tubuh yg perlu di perhatikan kebersihan saat menghadapi masa pubertas adalah....C.ayo menjawab dengan jelas dan tepat!1. jelaskab yg dimaksud dengan pubertas!2. apa ciri perkembangan fisik yg di alami baik oleh anak laki-laki maupun perempuan pada masa pubertas?3.tumbuhnya jakun pada laki laki menyebabkan pita suara semakin membesar apa akibatnya? 4. bagaimana menjaga kebersihan organ reproduksi perempuan?5. sebutkan hal hal yang perlu di lakukan saat menghadapi masa pubertas!Tolong dijawab ya Nanti aku follow + yg pertama aku kasih jawaban tercerdas aku kasih jawaban tercerdas​


Jawaban:

2. B.

3. B.

4. d. 2 dan 4

5. C.


16. Soal latihan: Polihlah salah satu jawaban yg paling benar ! No.1. Berikut yg bukan merupakan penyebab kebersamaan masyarakat indonesia adalah............. A.Letak stategis wilayah indonesia.B.Keberagaman stastus sosial.C. Kondisi negara kesatuan. D.Perbedaan komdosi.2. Sikap masyarakat terhadap sesuatu yg baru baik yg datang dari dalam maupun dari luar masyarakat membawa pengaruh terhadap perbedaan masyarakat indonesia" ada masyarakat yg muda menerima orang asing atau budaya lain seperti masyarakat perkotaan, Namun ada org sebagian masyarakat tetap bertahan pd budaya sendiri, Gambaran tersebut di atas adalah penyebab keragaman masyarakat indonesia dari segi.............. A.Keadaan transportasi dan komunikasi. B.Letak startegis wilayah indonesia.C. Perbedaan kondisi alam.D.Penerimaan masyarakat terhadap perubahan.3. Perbedaan suku bangsa, bahasa, budaya, serta peranan laki - laki dan perempuan di indonesia lebih di sebabkan oleh.......... A. Kondisi negara kepulauaan.B. Letak stategis wilayah indonesia.C.Perbedaan kondisi alam. D. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan.4. Perbedaan bentuk rumah, mata pencarian, makanan pokok, pakaiaan, kesenian , bahkan kepercayaan di indonesia lebih di sebabkan oleh............ A.Letak stategis wilayah indonesia. B.Perbedaan negara kepulauan. C. Perbedaaan kondisi alam.D. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan. 5. Kedatangan bangsa asing yg berbeda ras, kemudian menetap di indobesia mengakibatkan kejemukan ras, agama, dan bahasa. Gambaran keadaaan diatas memang benar - benar terjadi di indonesia. Hal tersebut terutama di sediakan oleh............A.Letak stategis wilayah indonesia.B. Kondisi negara kepulauaan.C.Perbedaan kondisi alam.D.Penerimaan masyarakat terhadap perubahan. 6.Suku bangsa sering di sebut juga dengan istilah............ A. Ras B.Masyarakat. C.Komunitas. D. Etnik. 7. Menurut koatjononinggrat suku bangsa adalah......... A. Sekelompok manusia yg memiliki kesatuan fisik, terkait oleh kesadaran dan identitas tersebut. B.Sekelompok manusia yg memiliki kesatuan budaya dan terikat oleh kesadaran dan identitas tersebut. C.Sekelompok manusia yg memiliki kesatuan, keturunan dan terikat oleh kesadaran dan identitas tersebut. D. Sekelompok manusia yg memiliki kesatuan tradisional terikat oleh kesadaran dan identitas tersebut. 8. Ciri ciri mendasar yg membandingkan suku bangsa satu dengan lainnya antara lain........... A. Nama suku bangsaB.Jenis suku bangsa. C.Sejarah suku bangsa. D. Bahasa daerah. 9. Menurut penelitian badan pusat statistik yg di laksanakan tahun 2010 di indonesia terdapat..............bantu jawab kak.. nanti di follow​


Jawaban:

1.D.Perbedaan komdosi.

2.D.Penerimaan masyarakat terhadap perubahan.

3.A. Kondisi negara kepulauaan.

4.C. Perbedaaan kondisi alam.

5.A.Letak stategis wilayah indonesia.

6.D. Etnik

7.C.Sekelompok manusia yg memiliki kesatuan, keturunan dan terikat oleh kesadaran dan identitas tersebut.

8.D. Bahasa daerah

9.1.128 suku bangsa

Penjelasan:

thanks jadikan jawaban terbaik ya...


17. 14. Ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia sebagai berikut! 1) Tumbuh uban 2) Menstruasi 3) Kulit keriput 4) Menepouse 5) Payudara membesar Ciri-ciri perkembangan fisik yang terjadi pada anak peremuan yang memasuki masa puber ditunjukkan oleh angka .... A. 1) dan 2) C. 3) dan 4) B. 2) dan 5) D. 4) dan 5) 15. Perhatikan ciri-ciri perkembangan fisik berikut! 1) Timbul jerawat 2) Dada bertambah lebar 3) Tumbuh jakun 4) Tumbuh rambut di ketiak dan sekitar kemaluan 5) Pinggul melebar Ciri perkembangan fisik yang dialami baik oleh perempuan dan laki-laki pada masa pubertas ditunjukkan oleh angka .... A. 1) dan 4) C. 3) dan 5) B. 2) dan 3) D. 4) dan 5) 17. Perhatikan cara memelihara kesehatan berikut ini! 1) Mengonsumsi makanan banyak serat 2) Mengonsumsi makanan berlemak tinggi 3) Membilas dengan air bersih alat kemaluan setalah buang air kecil 4) Tidak sering menahan buang air kecil 5) Mandi sehari dua kali Cara menjaga kesehatan organ reproduksi ditunjukkan oleh angka .... A. 1), 2) dan 3) B. 1), 3) dan 4) C. 2), 3) dan 4) D. 3), 4) dan 5) 18. Berikut ini cara menjaga kebersihan area kewanitaan dengan benar adalah .... A. selalu membasuh area kewanitaan dengan air keruh B. tidak mencuci tangan sebelum buang air kecil atau buang air besar C. rajin mengganti pakaian dalam minimal dua kali sehari D. memilih bahan pakaian dalam yang menyebabkan iritasi 19. Bagaimana perubahan ciri fisik yang terjadi pada remaja laki-laki saat masa pubertas ? Jelaskan! Plis tolong:)


Jawaban:

14. B. 2 dan 5

15. A. 1 dan 4

17. D . 3,4,dan 5

18. C rajin mengganti pakaian dalam minimal dua kali sehari.

19. tumbuh jakun

perubahan suara menjadi lebih besar

tumbuh jerawat

tumbuh rambut di sekitar kemaluannya

tumbuh rambut di ketiak

mimpi basah


18. I. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!3. Masa remaja dimulai ketika anak menginjak umur 10 tahun. Masa dewasa dimulai ketikaanok berumur4. Poda laki-laki pada masa pubertas akan tumbuh jakun pada lehernya. Yang dimaksudjakun adalah5. Perubahan suara juga terjadi pada masa pubertas, baik laki-laki maupun perempuan. Padaperempuan suara menjadi6. Makanan junk food dapat mempercepat menstruasi karena dapat mengganggu hormonyang ada pada tubuh. Hal ini disebabkan karena makonan junk food mengandung7. Alat reproduksi pada laki-laki yang memproduksi sperma disebutB. Keluamya darah dari dinding rahim akibat tidak adanya pembuahan disebut9. Tumbuhnya rambut di sekitar wajah terutama rahang pipi dan sekitar mulut, merupakanciri pubertas pada anak10. Selain perubahan fisik, anak pada masa pubertas juga akan mengalami perubahanemosional, contohnya​


Jawaban:

5.melengking

b.menstruasi

9.laki²

Penjelasan:

maaf cuman tau 3 doang

Jawaban:

3. 18 tahun

4. jakun adalah benjolan dileher yang ikut bergerak ketika menelan sesuatu.

5. melengking

6. mengandung karbohidrat sederhana yang menyebabkan lonjakan gula darah

7. Testis

8. menstruasi

9. laki-laki

10. labil, mudah tersinggung, mudah baper, mudah marah

Penjelasan:

3. Masa dewasa manusia berkisar antara usia 35 - 65 tahun. Masa dewasa manusia diawali dengan periode dewasa awal (young adulthood) pada kisaran usia 18 - 35 tahun dan diakhiri pada periode dewasa akhir (late adulthood) di kisaran usia 55 tahun hingga manusia tersebut meninggal.

4. Jakun yang dalam dunia medis disebut sebagai prominentia laryngea adalah benjolan di leher yang ikut bergerak ketika menelan makanan atau minuman. Berdasarkan penjelasan dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, posisi jakun berada di atas tiroid, yakni kelenjar yang menghasilkan hormon tiroid.

5. Perubahan suara atau mutasi suara, terkadang merujuk pada pergantian suara, biasanya merujuk kepada pendalaman suara orang saat mereka mencapai pubertas. Sebelum pubertas, anak laki-laki dan perempuan memiliki nada vokal yang mirip, tetapi saat pubertas suara pria khususnya mendalam satu oktaf, sementara suara wanita biasanya hanya mendalam beberapa not.

6. Junk food mengandung karbohidrat sederhana yang menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Makan junk food lebih sering akan mengubah tingkat insulin normal, sehingga meningkatkan risiko diabetes tipe 2, kenaikan berat badan dan resistensi insulin.

7. Testis merupakan kelenjar dimana sperma dan testosteron di produksi. Testis adalah organ terpenting dari sistem reproduksi pria dan terletak di dalam skrotum. Selain organ eksternal tersebut, pria juga memiliki organ reproduksi internal yang dikenal sebagai organ akseseoris.

8. Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi diakibatkan siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Siklus ini merupakan proses organ reproduksi wanita untuk bersiap jika terjadi kehamilan. Persiapan ini ditandai dengan penebalan dinding rahim (endometrium) yang berisi pembuluh darah.

9. tumbuh bulu pada wajah atau kumis adalah ciri-ciri pubertas pada laki-laki

10. mood swing memang merupakan salah satu ciri-ciri perubahan emosi pada anak jelang remaja. Perubahan emosinya bisa naik dan turun dalam waktu yang relatif cepat. Sebentar baper, tak lama kemudian kembali ceria. Dia juga lebih gampang tersinggung. Tempo-tempo ia merasa sudah besar dan ingin punya kebebasan, tapi di lain waktu dia masih suka bergantung atau bermanja-manja pada orangtuanya. Labil istilah yang tepat.

jadikanjawabanterbaik ya!semogamembantu


19. Soal latihan: Polihlah salah satu jawaban yg paling benar ! No.1. Berikut yg bukan merupakan penyebab kebersamaan masyarakat indonesia adalah............. A.Letak stategis wilayah indonesia.B.Keberagaman stastus sosial.C. Kondisi negara kesatuan. D.Perbedaan komdosi.2. Sikap masyarakat terhadap sesuatu yg baru baik yg datang dari dalam maupun dari luar masyarakat membawa pengaruh terhadap perbedaan masyarakat indonesia" ada masyarakat yg muda menerima orang asing atau budaya lain seperti masyarakat perkotaan, Namun ada org sebagian masyarakat tetap bertahan pd budaya sendiri, Gambaran tersebut di atas adalah penyebab keragaman masyarakat indonesia dari segi.............. A.Keadaan transportasi dan komunikasi. B.Letak startegis wilayah indonesia.C. Perbedaan kondisi alam.D.Penerimaan masyarakat terhadap perubahan.3. Perbedaan suku bangsa, bahasa, budaya, serta peranan laki - laki dan perempuan di indonesia lebih di sebabkan oleh.......... A. Kondisi negara kepulauaan.B. Letak stategis wilayah indonesia.C.Perbedaan kondisi alam. D. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan.4. Perbedaan bentuk rumah, mata pencarian, makanan pokok, pakaiaan, kesenian , bahkan kepercayaan di indonesia lebih di sebabkan oleh............ A.Letak stategis wilayah indonesia. B.Perbedaan negara kepulauan. C. Perbedaaan kondisi alam.D. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan. 5. Kedatangan bangsa asing yg berbeda ras, kemudian menetap di indobesia mengakibatkan kejemukan ras, agama, dan bahasa. Gambaran keadaaan diatas memang benar - benar terjadi di indonesia. Hal tersebut terutama di sediakan oleh............A.Letak stategis wilayah indonesia.B. Kondisi negara kepulauaan.C.Perbedaan kondisi alam.D.Penerimaan masyarakat terhadap perubahan. 6.Suku bangsa sering di sebut juga dengan istilah............ A. Ras B.Masyarakat. C.Komunitas. D. Etnik. 7. Menurut koatjononinggrat suku bangsa adalah......... A. Sekelompok manusia yg memiliki kesatuan fisik, terkait oleh kesadaran dan identitas tersebut. B.Sekelompok manusia yg memiliki kesatuan budaya dan terikat oleh kesadaran dan identitas tersebut. C.Sekelompok manusia yg memiliki kesatuan, keturunan dan terikat oleh kesadaran dan identitas tersebut. D. Sekelompok manusia yg memiliki kesatuan tradisional terikat oleh kesadaran dan identitas tersebut. 8. Ciri ciri mendasar yg membandingkan suku bangsa satu dengan lainnya antara lain........... A. Nama suku bangsaB.Jenis suku bangsa. C.Sejarah suku bangsa. D. Bahasa daerah. 9. Menurut penelitian badan pusat statistik yg di laksanakan tahun 2010 di indonesia terdapat..............tolong dong kak ​


Jawaban:

1. B

2. B

3. D

4. C

5. A

6. D

7. B

8. D

9. 1.128 suku bangsa

Semoga membantu dan bermanfaat


20. 1. Memanjatkan doa sebaiknya dilakukan setiap memulai suatu ...2 Banyaknya agama di Indonesia membuat kita harus memiliki sikap saling ....3. Remaja memasuki masa muda-mudi, dan seluruh badan mulai mengarah pada bentuk badanseorang dewasa yang ..4 Kaum pria dengan kemampuan fisik dan mental yang cenderung memilih suatu pekerjaan yangpenuh tantangan dan ....5. Para kaum wanita secara fisik memiliki otot yang halus dan tenaga yang terbatas. Keadaan psikiswanita lebih mengedepankan perasaan dan ....Secara kodrati bahwa antara pria dan wanita itu diciptakan memiliki perbedaan baik fisik maupun7. Perkembangan sosial remaja menyangkut lingkungan ....8 Rata-rata anak perempuan mencapai tinggi matang pada usia ... tahun.9. Tubuh laki-laki remaja mulai memproduksi hormon ... yang menyebabkan perubahan beberapabagian tubuhnya.10. Mimpi basah ini terjadi pada saat seseorang remaja putra mengalamitolong bantu kak​


Jawaban:

1. kegiatan atau aktivitas.

2. menghormati dan menghargai.

3. mengalami pubertas.

4. sulit dilakukan.

5. kecantikan.

6. kemampuan.

7. pergaulan.

8. 17 dan 18 tahun.

9. testosteron

10. pubertas.

semoga bermanfaat dan maaf klo salah

Jawaban:

1. pekerjaan

2. toleransi

3. mengalami pubertas

4. sulit

5. emosi

6.

7. lingkungan pergaulan

8. 18 tahun

9. hormon testosteron

10. pubertas

nomer6yamanakakkokgakada?

semogamembantu...


Video Terkait


Comments