Berikut Yang Bukan Contoh Kasus Pelanggaran Ham Di Masyarakat Adalah


Berikut Yang Bukan Contoh Kasus Pelanggaran Ham Di Masyarakat Adalah

berikut yang merupakan contoh kasus pelanggaran ham di masyarakat adalah

Daftar Isi

1. berikut yang merupakan contoh kasus pelanggaran ham di masyarakat adalah


penembakan atau pembunuhan yang disengaja dan terencana

2. Berikut yang bukan contoh kasus pelanggaran ham di masyarakat adalah….


Jawaban:

TIDAK MEMAKSAKAN SESEORANG DALAM MEMILIH AGAMA

Penjelasan:

karena agama merupakan hak asasi manusia yang wajib kita tentukan dengan keadaan tidak terpaksa/ sesuai dengan kemauan diri kita sendiri


3. Berikut yang bukan contoh kasus pelanggaran ham di masyarakat adalah....


Jawaban:

TIDAK MEMAKSAKAN SESEORANG DALAM MEMILIH AGAMA

Penjelasan:

karena agama merupakan hak asasi manusia yang wajib kita tentukan dengan keadaan tidak terpaksa/ sesuai dengan kemauan diri kita sendiri

Semoga membantu


4. 7. Berikut yang bukan contoh kasus pelanggaranHAM di masyarakat adalah ....a. merusak sarana dan prasarana umum yangdisediakan pemerintahb. majikan memperlakukan pembantunyasewenang-wenangpertikaian antarkelompok/antargengmenculik bayi kemudian minta tebusane. main hakim sendiri terhadap seorang yangdituduh mencuri​


Penjelasan:

jawabanya A

maaf kalo salah


5. berikut yang merupakan contoh kasus pelanggaran ham di masyarakat adalah a. pemaksaan kerja kepada anak dibawah umur b. sanksi fisik terhadap siswa yang malas c. penganiayaan orang tua terhadap anaknya d. tidak diberikannya upah pembantu oleh majikannya e, tawuran antar pelajar


c. penganiyayaan orangtua terhadap anakanyaa.pemaksaan kerja anak di bawah umur

karena : menurut saya itu dimasyarakat

6. 1. Berikut yang tidak termasuk kewajiban sebagai warga negara adalah....a. membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan pemerintahb. turut serta dalam membangun bangsa agar lebih majuc. mengintimidasi warga negara lain yang terbukti melakukan kecurangand. mempertahankan kedaulatan bangsa dari serangan musuhe. menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan dengan sebaik-baiknya2. Contoh pelanggaran terhadap kewajiban sebagai warga negara adalah....a. Orang tua memaksakan keinginannya kepada anaknyab. siswa memalak atau menganiaya siswa yang lainc. mengendarai kendaraan bermotor tanpa SIMd. perbuatan main hakim sendiri terhadap seorang yang dituduh mencurie. merusak sarana/fasilitas umum karena kecewa dengan pemerintah3. Berikut yang bukan contoh kasus pelanggaran HAM di masyarakat adalah....a. merusak sarana dan prasarana umum yang disediakan pemerintahb. majikan memperlakukan pembantunya sewenang-wenangc. pertikaian antarkelompok/antargengd. menculik bayi kemudian minta tebusane. main hakim sendiri terhadap seorang yang dituduh mencuri4. Terjadi penyalahgunaan kekuatan/kekuasaan, baik fisik maupun mental, yang dilakukan oleh seseorang/sekelompok sehingga korban merasa terintimidasi disebut....a. Perundinganb. pemukulanc. penipuand. pengingkarane. pemerasan5. Berikut yang bukan merupakan faktor yang menyebabkan terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara adalah....a. tidak toleranb. egois dan mementingkan diri sendiric. menyalahgunakan kekuasaand. kesadaran berbangsa yang rendahe. peduli akan kehidupan berbangsa6. Jelaskan kasus pelanggaran hak yang kamu ketahui di lingkungan masyarakat?7. Jelaskan hak kita sebagai warga negara dikaitkan dengan sila pertama Pancasila?8. Tuliskan contoh pelanggaran kewajiban di bidang hukum?9. Carilah 3 kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia?10. Jelaskan mengapa faktor penyalahgunaan kekuasaan termasuk dalam faktor penyebab pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban?​


Jawaban:

1.C

2.C

3.B

4.B

5.E

6.-Pemimpin yang memilih milih warganya untuk diberi bantuan saat mendapatkan musibah

-dikucilkannya sesorang didalam masyarakat

7.-Saling menghormati antar agama

-Tidak boleh menganggu umat lain saat beribadah

-mendapatkan perlindungan yang sama tanpa ada pembeda bedaan dari pemerintah

8.- korupsi uang negara oleh penjabat negara

-tidak membayar pajak

-Berkendara tanpa kelengkapan surat-surat

9.- Pembunuhan seseorang yang berawal karna hal sepele/dendam

-penindasan seseorang yang tidak bersalah

-kerja paksa yang dilakukan majikan kepada pembantu/ART

10. Karena dapat membuat orang lain tidak mendapatkan hak-Nya sebagai warga negara.

Semoga membantu,maaf kalau salah

Jawaban:

1.C

2.E

3.A

4.A

5.E

6.-Pertikaian antar warga/kelompok/geng, ataupun antar suku (konflik sosial).

-Perbuatan main hakim sendiri terhadap seorang pencuri atau anggota masyarakat yang tertangkap basah melakukan perbuatan asusila.

-Merusak sarana/fasilitas umum karena kecewa atau tidak puas dengan kebijakan yang ada.

-Menfitnah sesama warga karena dendam, pernah diperlakukan tidak baik.

7.Sila Pertama (Ketuhanan)

Berdasarkan sila pertama, maka setiap warga negara berhak memiliki kebebasan untuk memeluk agama yang dipercayainya. Selain itu, setiap warga negara berhak menjalankan ibadah sesuai ajaran agama masing-masing.

Di Indonesia, ada lima agama yang diakui, yaitu Islam, Kristen Protestan, Kristen Katholik, Budha dan Hindu.

Ada pun kewajiban warga negara yang terkandung di dalam sila pertama adalah:

•Tidak memaksa orang lain untuk mengikuti kepercayaannya

•Membangun kerja sama dan tolong menolong dengan pemeluk agama lainn sesuai kondisi di lingkungan masing-masing

•Menjunjung tinggi sikap toleransi terhadap agama lain agar tercipta kehidupan yang selaras, serasi dan seimbang.

8. 1.Tidak membayar pajak

2.Tidak mentaati peraturan lalu lintas

3.Merusak fasilitas umum

4.Membuang sampah sembarangan

5.Korupsi

6.Tidak ikut serta dalam pembelaan negara

9. •Penembakan misterius (Petrus) tahun 1982-1985

•Tragedi Semanggi dan Kerusuhan Mei 1998

•Tragedi Wamena (4 April 2003)

10.Pelanggaran hak warga negara terjadi ketika warga negara tidak dapat menikmati atau memperoleh haknya sebagaimana yang ditetapkan oleh undang-undang.

Pelanggaran hak warga negara merupakan akibat dari adanya pelalaian atau pengingkaran terhadap kewajiban baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun oleh warga negara sendiri.

Misalnya, kemiskinan yang masih menimpa sebagian masyarakat Indonesia. Hal itu dapat disebabkan program pembangunan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Atau, bisa juga disebabkan oleh perilaku warga negara sendiri yang tidak mempunyai keterampilan sehingga kesulitan mendapatkan pekerjaan yang layak.

Pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara di antaranya disebabkan oleh faktor-faktor berikut.

a. Sikap egois atau terlalu mementingkan diri sendiri. Sikap ini akan menyebabkan seseorang selalu menuntut haknya, sementara kewajibannya sering diabaikan. Seseorang yang mempunyai sikap seperti ini akan menghalalkan segala cara supaya haknya bisa terpenuhi, meskipun caranya tersebut dapat melanggar hak orang lain.

b. Rendahnya kesadaran berbangsa dan bernegara. Hal ini akan menyebabkan pelaku pelanggaran berbuat seenaknya. Pelaku tidak mau tahu bahwa orang lain pun mempunyai hak yang harus dihormati. Sikap tidak mau tahu ini berakibat muncul perilaku atau tindakan penyimpangan terhadap hak dan kewajiban warga negara.

c. Sikap tidak toleran. Sikap ini akan menyebabkan munculnya saling tidak menghargai dan tidak menghormati atas kedudukan atau keberadaan orang lain. Sikap ini pada akhirnya akan mendorong orang untuk melakukan pelanggaran kepada orang lain.

d. Penyalahgunaan kekuasaan. Di dalam masyarakat terdapat banyak kekuasaan yang berlaku. Kekuasaan di sini tidak hanya menunjuk pada kekuasaan pemerintah, tetapi juga bentuk-bentuk kekuasaan lain yang terdapat di dalam masyarakat.

Salah satu contohnya adalah kekuasaan di dalam perusahaan. Para pengusaha yang tidak memperdulikan hak-hak buruhnya jelas melanggar hak warga negara.

Oleh karena itu, setiap penyalahgunaan kekuasaan mendorong timbulnya pelanggaran hak dan kewajiban warga negara.

e. Ketidaktegasan aparat penegak hukum. Aparat penegak hukum yang tidak bertindak tegas terhadap setiap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara, tentu saja akan mendorong timbulnya pelanggaran lainnya.

Penyelesaian kasus pelanggaran yang tidak tuntas akan menjadi pemicu bagi munculnya kasuskasus lain.

Para pelaku cenderung mengulangi perbuatannya, dikarenakan mereka tidak menerima sanksi yang tegas atas perbuatannya itu.

Selain hal tersebut, aparat penegak hukum yang bertindak sewenang-wenang juga merupakan bentuk pelanggaran terhadap hak warga negara dan menjadi contoh yang tidak baik, serta dapat mendorong timbulnya pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat.

f. Penyalahgunaan teknologi. Kemajuan teknologi dapat memberikan pengaruh yang positif, tetapi bisa juga memberikan pengaruh negatif bahkan dapat memicu timbulnya kejahatan.

Kasus tersebut menjadi bukti apabila kemajuan teknologi tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yang sesuai aturan, tentu saja akan menjadi penyebab timbulnya pelangaran hak warga negara.

Selain itu juga, kemajuan teknologi dalam bidang produksi ternyata dapat menimbulkan dampak negatif, misalnya munculnya pencemaran lingkungan yang bisa mengakibatkan terganggunya kesehatan manusia


7. A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e ! 1. Kasus pelanggaran hak asasi manusia yang melibatkan perang antarsuku adalah … . a. kasus Bom Bali 2002 b. kerusuhan Mei 1998 c. kasus kerusuhan Mesuji d. kasus kerusuhan Sampit e. kasus penembakan misterius di PT. Freeport, Papua 2. Lembaga yang memutuskan dan mengadili kasus Peristiwa Mei 1999 adalah … . a. Pengadilan HAM d. Komnas HAM b. Pengadilan Ad Hoc e. pengadilan internasional c. Mahkamah Agung 3. Pelanggaran HAM yang diselesaikan di pengadilan HAM adalah … . a. genosida dan kejahatan kemanusiaan b. pelanggaran HAM yang dilakukan oleh pejabat Negara c. genosida dan pelanggaran HAM biasa d. pelanggaran HAM yang dilakukan oleh warga sipil e. pelanggaran yang dilakukan oleh warga asing 4. Contoh perilaku menegakkan, dan mempertahankan hak dan kewajiban dalam kehidupan adalah … a. mengutamakan hak baru melaksanakan kewajiban b. selalu menuntut hak daripada kewajiban c. melaksanakan kewajiban tanpa menuntut hak d. menyelaraskan pelaksanakan hak dan kewajiban e. melaksanakan kewajiban sesuka hati 5. Kasus pembunuhan wartawan Bernas bernama Udin di Yogyakarta tahun 1996 kalau ditinjau dari perkara pelanggaran HAM yang berat termasuk dalam kejahatan … . a. perang d. genosida b. agresi e. pidana biasa c. kemanusiaan 6. Salah satu faktor penghambat supremasi hukum dalam penegakan HAM di Indonesia adalah … . a. belum ada undang-undang nasional yangmengatur tentang HAM b. belum terbentuknya hukum yang menghormati HAM, baik oleh para pejabat, praktisi hukum, maupun masyarakat c. belum ada departemen yang dalam satu kabinet yang mengurusi secara khusus tentang HAM d. belum tersedianya instrument HAM dalam Ketetapan MPR RI e. adanya kekosongan jabatan jaksa agung 7. Hak asasi manusia dalam pelaksanaannya tidak dapat dilaksanakan secara mutlak karena akan berakibat … . a. bertentangan dengan hakikat manusia d. melanggar hak-hak orang lain b. melanggar peraturan yang berlaku e. bertentangan dengan kebiasaan manusia c. bertentangan dengan adat istiadat 8. Peran serta masyarakat dalam menegakkan HAM ditunjukkan dengan cara … . a. memberi kebebasan seluas-luasnya kepada orang lain b. turut aktif dalam kegiatan LSM tentang HAM c. mengikuti organisasi politik tertentu d. memberi hukuman terhadap seseorang yang melanggar HAM e. terlibat dalam pemerintah 9. Warga Negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia adalah … . a. penduduk d. rakyat b. warga Negara e. bukan penduduk c. bukan warga negara 10. Undang-undang yang mengatur kewarganegaraan Indonesia adalah … . a. UU No.9/1992 d. UU No.18/2005 b. UU No.32/1994 e. UU No.12/2006 c. UU No.26/1998 11. Wilayah laut suatu Negara pantai yang batasnya samapi sejauh 200 mil diukur dari pantai disebut … a. laut teritorial d. ZEE b. zona bersebelahan e. landasan benua c. landasan kontinen 12. Penduduk Negara Indonesia dapat dibedakan menjadi dua macam golongan, yaitu … . a. WNI dan WNA d. penduduk dan bukan penduduk b. Rakyat dan bukan rakyat e. masyarakat dan bukan masyarakat c. Warga Negara dan bukan warga negara 13. Tentara Nasional Indonesia memiliki peran di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peran itu antara lain … . a. memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat b. menegakkan hukum c. sebagai alat pertahanan NKRI d. turut aktif dalam tugas penanggulangan kejahatan internasional e. menciptakan perdamaian dunia 14. Ada beberapa agama yang berkembang di Indonesia. Oleh karena itu, sikap yang sesuai dengan keadaan ini adalah … . a. membiasakan diri untuk berkawan dengan teman seagama b. membiasakan diri untuk saling menjaga jarak antarumat beragama c. memberikan kesempatan untuk beribadah kepada teman seagama d. bersemangat untuk mempelajari semua ajaran agama e. membiasakan diri untuk saling menghargai dan bertoleransi antarumat beragama


1.) E. kasus penembakan misterius di PT. Freeport, Papua
2.) A. pengadilan HAM
3.) B. pelanggaran HAM yang dilakukan oleh pejabat Negara
4.) C. melaksanakan kewajiban tanpa menuntut hak
5.) C. kemanusiaan
6.) E. adanya kekosongan jabatan jaksa agung
7.) D. melanggar hak-hak orang lain
8.) D. memberi hukuman terhadap seseorang yang melanggar HAM
9.) D. rakyat
10.) B. UU No. 32/1994
11.) D. (ZEE)
12.) A. WNI dan WNA
13.) C. sebagai alat pertahanan NKRI
14.) B. membiasakan diri untuk saling menjaga jarak antarumat beragama


"Semoga membantu".

8. Bantuin Buat Besok.....1.jaminan hak asasi manusia dalam kehidupan dan bernegara biasanya tercantum dalam....a. ideologi nasionalb. konstitusi negarac. konvensid. hukum adat2. Pernyataan hak asasi manusia sedunia tercantum dalam....a. alinea pertama UUD 1945b. Diclaration Universal Of Human Rightc. UU no.5 tahun 1998 tentang pengesahan covention Against Torture and Other Cruel, inhuman or Degrading treatment of punishment d. UU No. 8 tahun 1984 tentang pengesahan tentang pengesahan Konvensi mengenai penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap manusia3 dalam menegakkan HAM, Komnas HAM dapat mengupayakan cara pencarian data, informasi, dan fakta yang berkaitan dengan peristiwa yang diduga pelanggaran HAM. cara ini dinamakan...a. advokasib. konsiliasic. konsultasi d. investigasi4.Adolf Hitler adalah salah satu tokoh pelanggar HAM terkenal dari negara....a. Inggrisb. Italiac. Jermand. Amerika Serikat 5. politik apartheid adalah salah satu bentuk diskriminasi yang berdasarkan pada....a. agamab. bahasac. warna kulitd. suku6. berikut adalah Afrika Selatan yang menentang politik apartheid adalah....a. Yasser Arafatb. Nelson Mandelac. J.W De Klarkd. Mustafa Kemal Pasha7. mahkamah pengadilan internasional HAM yang dibentuk untuk menangani kasus pelanggaran HAM berat di rwanda telah dibentuk adalaha. ICTYb. ICTFc. ICTRd. ICTT8. berikut lembaga berikut naungan PBB yang menangani masalah buruh adalaha.ILO b. UNESCOc. UNDPd. UNICEF9. tindakan yang paling tepat bila ada pelanggaran HAM di suatu negara adalaha. melaporkan ke lembaga yang berwenang menangani masalahb. mengutuk pelanggaran HAMc. berusaha untuk ikut memandikan atau menyelesaikand. Masa bodoh karena bukan urusan kita10. contoh lembaga HAM yang didirikan oleh masyarakata. Komnas HAMb.YLBHI c. Komnas anakd. peradilan umum11. istilah HAM pertama kali dikenal oleh....a.Theodore Roosevelt b. Benyamin Franklinc. Winston Churchild. Eleamor Roosevelt 12. Berikut yang merupakan respon yang paling buruk terhadap pelanggaran HAM adalah....a. prihatinb. pasrahc. cuekd. aksi Setengah Matiterima kasih yg udah bantu....!!!


1,c
2,d
3,d
4.a
5,c.
6,c
7,d

9. Berikut yang bukan contoh kasus pelanggaran HAM di masyarakat adalah


Jawaban:

pencurian

Penjelasan:

pencurian bukan termasuk pelanggaran HAM, melainkan kasus kriminalitas


10. 1. Contoh sikap siswa yg menghargai upaya penegakan HAM adalah... A. Berusaha mendekati Teman Yg pandai atau memiliki kelebihan main. B. Bersedia membantu mengerjakan soal kepada Teman yg kurang pandai. C. Suka memperhatikan Teman Yg nilainya bagus. D. Tidak menghina Teman Yg cacat, miskin, atau bodoh. 2. Sikap menghargai upaya penegakan HAM di lingkungan masyarakat dpt Di lakukan dgn cara... A. Tdk memperhatikan kehidupan org lain. B. Suka meniru perbuatan org lain. C. Tdk menyinggung perasaan tetangga. D. Selalu mengalah dalam pergaulan. 3. Perlindungan, perjuangan, penegakan, dan pemenuhan HAM adalah tanggung jawab negara. Kalimat tersebut ditegaskan dalam... A. Pembukaan UUD 1945 a linea 4 B. UU 1945 pasal 28 I (4) C. Pasal 4 UU No. Tahun 1998 D. Pasal 2 UU No. 40 Tahun 1999 4. Bentuk partisipasi warga negara dalam penegakan HAM adalah... A. Bersedia memberikan sumbangan harta untuk kepentingan negara. B. Berusaha berperilaku dalam keseharian sesuai dgn nilai-nilai HAM. C.memperhatikan kegiatan pejabat negara agar tdk melanggar HAM. D. Mencatat setiap lelanggaran HAM Dan melaporan kepada polisi. 5. Komisi kebebaran dan rekonsiliasi merupakan komisi Yg bertugas... A. Menyelesaikan kasus HAM diluar pengadilan HAM. B. Mengadili pelanggaran HAM Yg tdk sanggup diadili pengadilan umum. C. Menghitung ganti rugi bagi korban pelanggaran HAM. D. Mengadakan eksekusi terhadap keputusan pengadilan tentang HAM. 6. Contoh sikap menghargai upaya penegakan HAM di lingkungan keluarga adalah... A. Menghindarkan segala bentuk kekerasan di dlm keluarga/rumah tangga. B. Tdk memikirkan kebutuhan org lain Yg penting kebutuhan keluarga terpenuhi. C. Setiap kesalahan anggota keluarga di maafkan agar tdk Marah. D. Membandingkan kehidupan keluarganya dgn keluarga main. 7. Kunci pokok agar kita tdk melanggar HAM, kita harus... A. Membantu tetangga dekat B. Menolong org Yg pernah membantu C. Mengenal semua org D. Menghargai hak org main 8. Berikut upaya siswa dlm penegakan HAM di sekolah adalah... A. Mencampuri urusan pribadi teman. B. Menjaga keamanan Dan ketertiban keluarga. C. Tdk menyinggung perasaan tetangga. D. Tdk mengganggu hak milik Teman. 9. Perbuatan Yg merupakan pelanggaran terhadap HAM adalah... A. Tdk menghargai harkat Dan martabat manusia sebagai makhluk Tuhan YME. B. Suka menghina org main Yg tdk memiliki prestasi yg bagus. C. Hanya memuji org-org yg memiliki jabatan Dan berprestasi. D. Perbuatan yg hanya menguntungkan org-org yg berkuasa. 10. Menuru UU No. 28 Tahun 2000, pengadilan hak asasi adalah... A. Bertugas dan berwenang memeriksa dan memutus perkara pelanggaran HAM yg dilakukan oleh pejabat negara. B. Bertugas dan berwenang memeriksa dan memutus perkara pelanggaran HAM yg Berar. C. Pengadilan yg dibentuk oleh preside secara langsung until menangani masalah HAM. D. Pengadilan yg bertugas membantu komisi nasional HAM menangani pelanggaran HAM.


1,a
2,b
3a ,
4d
5c
6a
7d
8a
9a
10d

maaf klo ada yang salah

11. 1) Berikut ini yang bukan merupakan tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk pengatasi berbagai kasus pelanggaran HAM, yaitu …. *A) penyebarluasan prinsip-prinsip HAM kepada masyarakatB) menjatuhkan hukuman bagi orang yang melakukan pelanggaran terhadap HAMC) peningkatan pengawasan dari masyarakat dan lembaga-lembaga politik terhadap setiap upaya penegakan HAM yang dilakukan oleh pemerintahD) peningkatan kualitas pelayanan publik untuk mencegah terjadinya berbagai bentuk pelanggaran HAM oleh pemerintahE) penegakan supremasi hukum dan demokrasi2) Yang bukan termasuk faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM adalah ... A) kurang tegasnya aparat penegak hukumB) terjadinya penyalahgunaan kekuasaanC) terjadinya penyalahgunaan teknologiD) kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggiE) tegasnya aparat penegak hukum3) Salah satu contoh kewajiban asasi yang penting untuk dilaksanakan oleh setiap warga negara adalah... A) Membayar pajakB) Menjaga ketertibanC) Mentaati peraturan lalu lintasD) Menjaga kelestarian lingkungan hidupE) Menjaga hubungan antar warga sekitar4) Salah satu perwujudan nilai instrumental dapat berbentuk... A) Sila-sila dari PancasilaB) UUD NRI Tahun1945C) Sikap dan perbuatan positif dalam kehidupan sehari-hariD) Ketaatan terhadap hukum yang berlakuE) Terciptanya keamanan dan ketertiban di masyarakat5) Perhatikan pernyataan berikut! 1. Jumlah penduduknya banyak2. Wilayahnya luas3. Permasalahanwarganegaranya semakin kompleks4. Tempat tinggalnya berdekatan5. Warga negaranya banyak tinggal di perkampungan Yang menjadi alasan suatu negara menerapkan demokrasi tidak langsung adalah nomor ...A) 1,2 dan 3B) 2,3 dan 4C) 3,4 dan 4D) 1.3.dan 5E) 2,4 dan 46) Berikut ini adalah lembaga-lembaga yang ada pada suatu negara demokrasi kecuali ... A) Pemerintah yang bertanggung jawabB) Pemilihan umumC) Pers yang bebasD) ParlemenE) Birokrasi7) Perhatikan pernyataan di bawah ini! 1) Melakukan perdamaian pada kedua belah pihak yang bermasalah2) Menyampaikan adanyakasus pelanggaran HAM kepada MA3) Menyelesaikan masalah secara konsultasi maupun negosiasi4) Menyampaiakan rekomendasi atas suatu kasus pelanggaran HAM kepada DPR5) Memberikan saran kepada pihak yang bermasalah untuk menyelesaikan sengketa di pengadilanWewenang yang dimiliki oleh Komnas HAM adalah... A) 1,2 dan 3B) 2,3 dan 4C) 3,4 dan 5D) 1,3, dan 5E) 2,4 dan 58) Penggunaan borak dan zat pewarna tekstil dalam makanan merupakan bentuk pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara karena faktor .... A) Sikap egoisB) Sikap tidak toleranC) Penyalah gunaan kekuasaanD) Penyalahgunaan teknologiE) Rendahnya kesadaran berbangsa dan bernegara9) Sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah Indonesia pada penegakan HAM adalah dengan ... A) Mengembangkan kebebasan persB) Pembentukan komisi nasional HAMC) Dimasukan dalam pelajaran PPKnD) Kontrol pada demonstran dengan paksaE) Pembentukan lembaga–lembaga negara​


Jawaban:

banyak banget kepala saya jadi pusing dehhh


12. Seiring dengan perkembangan peradaban manusia, pelanggaran HAM terjadi dalam masyarakat internasional. Beberapa fenomena dan masalah baru bermunculan seperti beberapa kasus dan peristiwa yang melanggar HAM di dunia. Berilah contoh pelanggaran HAM yang pernah terjadi yang saudara ketahui! Beri analisis saudara!Kami menyediakan jawaban UAS THE untuk semua matakuliah!!!! Hanya 45k Mari bersama "Master Joki" Tunggu apalagi, Langsung chat aja via wa berikut: 081269990372. cuman kami yg sediakan SEMUA MATAKULIAH.JAWABAN UAS THE UNIVERSITAS TERBUKA UNTUK SEMUA MATKULL!!!! Cuman 45k Harga merakyat kualitas terjaga. Dimana lagi klo bukan bersama "Master Joki" Tunggu apalagi, Langsung chat aja via wa berikut: 081269990372. Testimoni tersedia via wa. cuman kami yg sediakan SEMUA MATAKULIAH. jadi dah tau ya siapa yg berkelas tapi merakyat. Penjoki tugas UT sejak 2018 sudah kaya dengan pengalaman dan kualitas.​


Jawaban:

tai dg na jawab hsbddhhsssssh


13. Berikut yang bukan contoh kasus pelanggaran ham di masyarakat adalah


Jawaban:

menculik bayi kemudian minta tebusan

Penjelasan:

semoga membantu


14. berikut yang merupakan contoh kasus pelanggaran ham dimasyarakat adalah


Contoh nya adalah:
a.    Tawuran antar RT, RW, antar Kampung
b.    Penghilangan kebebasan dalam beribadah.
c.    Pencurian
d.    Pemerkosaan
e.    Pembunuhan
Semoga membantu.

15. 6. Perhatikan data berikut:i. Sikap egoisii. Penyalahgunaan kekuasaaniii. Rendahnya kesadaran HAMiv. Sikap tidak toleranV. Penyalahgunaan teknologiDari data diatas yang merupakan faktor internal yang mendorong terjadinya pelanggaran Hak asasi manusia adalah...A. 1), 2),3)B. 1), 2),4)C. 1), 3),4) D. 2),3),5)E. 3), 4),5)7. Penyalahgunaan teknologi termasuk dalam faktor eksternal yang menjadi penyebab terjadinya pelanggaran HAM, berikut ini yang merupakan contoh penyalahgunaan teknologi yang mengakibatkan pelanggaran HAM adalah...A. Kesulitan ekonomi yang menyebabkan seseorang melakukan tindakan kejahatan bahkan sampai membunuh B. Seseorang yang menggunakan kekuasaannya untuk melakukan tindakankorupsi C. Seseorang yang dengan sengaja menggunakan jejaring sosial untuk melakukanpenipuan dan kemudian menculik korbanD. Aparat penegak hukum yang bertindak sewenang-wenang terhadap masyarakatE. Seorang pengusaha yang tidak memperdulikan hak-hak buruhnya8. Tragedi semanggi 1 merupakan bentuk pelanggaran HAM yang terjadi padatanggal...A. 12 September 1984B. 12 Mei 1998C. 13 September 1998D. 13 November 1998E. 24 November 19999. Kasus kerusuhan Tanjung Priok tahun 1984 merupakan bentuk pelanggaran HAM,yang terjadi akibat bentrok antara.... A. Aparat dengan masyarakatB. Masyarakat dengan masyarakatC. Aparat dengan aparatD. Mahakalian dengan masyarakat E. Mahakalian dengan aparat10. Dalam berbagai kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat, pelanggaran HAM tersebutmencerminkan...A. Masyarakat yang demokratis namun belum dewasa B. Masyarakat yang harmonis namun pemerintahan yang tidak stabilC. Masyarakat yang liberal dan bersikap individualis D. Masyarakat yang mementingkan kepentingan ekonomi semata dan berjiwasosialE. Kelalaian masyarakat atas pelaksanaan kewajiban asasi manusiaTOLONG YA JAWAB​


Berikut jawaban soal-soal di atas:

(6) Sikap yang merupakan faktor internal penyebab pelanggaran HAM adalah pernyataan (1), (3) dan (4). Dengan demikian maka jawaban yang benar adalah C.(7) Contoh penyalahgunaan teknologi yang mendorong terjadinya pelanggaran HAM adalah seseorang yang sengaja memakai jejaring sosial dan melakukan aksi penipuan lalu menculik korbannya. Jawaban yang benar adalah C.(8) Tragedi Semanggi adalah pelanggaran HAM yang berlangsung pada 11 sampai 13 November 1998 sehingga jawaban yang benar adalah D.(9) Kasus kerusuhan di Tanjung Priok tahun 1994 adalah termasuk pelanggaran HAM yang terjadi disebabkan bentroknya aparat dengan masyarakat (A).(10) Dalam berbagai kasus pelanggaran HAM yang muncul di Indonesia, mencerminkan masyarakat yang demokratis namun juga belum dewasa. Jawaban yang benar adalah A.  Pembahasan

Soal di atas berkaitan dengan hak asasi manusia atau HAM. HAM adalah seperangkat hak yang melekat secara kodrati dalam diri manusia sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Pelajari Lebih LanjutPelajari lebih lanjut tentang materi pelanggaran HAM pada link berikut https://brainly.co.id/tugas/385102

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1


16. 11. Berikut contoh kasus pelanggaran HAM dimasyarakat seperti di bawah ini, kecuali...a. Pemaksaan kerja kepada anak di bawahumurb. Sangsi terhadap siswa yangtidakmengerjakan tugasc. Penganiyaan orang tua terhadap anaknyad. Tidak diberikannya upah pembantu rumahtanggaMemaksakan agama yang dianut kepadae.orang lain​


Jawaban:

B

Penjelasan

Lebih menekankan ke hukum sih. Ada masalah ada konsekuensi terimakasih


17. Jawablah pertanyaan pertanyaan di bawah ini dengan benari 1 Jelaskan pengertian hak asasi manusia! Jawab Sebutkan faktor faktor penyebab pelanggaran HAM dalam kehidupan masyarakati Jawab 3 debutkan contoh sikap yang berkaitan dengan hak asasi manusia sesuai nilai-nilai Kemanusiaan yang adil dan beradab! Jawab Sebutkan contoh kasus pelanggaran HAM yang bertentangan dengan sila-sila Jawab 5. Upaya penegakan hak asasi manusia tidak akan berhasil tanpa partisipasi dari masyarakat untuk mencegah terjadinya kasus pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia Bagaimana upaya penegakan hak dan kewajiban asasi manusia di lingkungan berbangsa dan bernegara? HOT Jawab Uji Kreativitasmu Kerjakan tugas berikut Bentuklah kelompok yang beranggotakan 45 siswa, Carlah artikel dari koran atau intemet an nilai nilai Pancasila sila pertama​


Jawaban:

karena itu ia berharap agar pemerintah daerah dalam rangka memperingati HUT RI ke dalam rumah tangga yang hampir sama dengan yang lain


18. 1.sebutkan 3 contoh kasus pelanggaran HAM setelah masa reformasi 2.apa sajakah instrumen hukum HAM di indonesia 3.mengapa masyarakat harus ikut serta dan berperan aktif dlm upaya penegakam HAM


kasus pelnggaran ham yaitu kasus marsinah, ,G 30 SPKI , trisakti ,semanggi 1 &2

uu nomor 39 th. 1999

supaya terjadi keselarasan dalam pelaksanaan HAM

19. Berikut yang bukan contoh kasus pelanggaran HAM di masyarakat adalah . . . . A. merusak sarana dan prasarana umum yang disediakanB. majikan memperlakukan pembantunya sewenang-wenangnyaC. pertikaian antarkelompok/antargengD. menculik bayi kemudian minta tebusanE. main hakim sendiri terhadap seorang yang dituduh mencuriSyarat untuk menjawab soal :-Jawabannya harus disertai dengan penjelasan atau pembahasan yang benar serta tidak boleh kupas jawaban dari Google.-Kalau jawabannya ngasal atau tidak ada penjelasan/pembahasan dari jawaban tersebut, saya report jawaban kalian.​


Yang bukan contoh kasus pelanggaran HAM adalah A. Merusak sarana dan prasarana umum yang disediakan. Diantara jawaban yang tersedia jawaban ini yang paling benar karena tidak berhubungan langsung dengan manusia.

Pembahasan

Pada dasarnya, HAM merupakan singkatan dari Hak asasi manusia. Hak asasi manusia sendiri merupakan anggapan bahwa manusia adalah makhluk hidup yang memiliki derajat yang sama dan Tentunya semua manusia harus di perlakukan secara adil dan merata tanpa di beda beda kan. Nilai dalam hak asasi manusia ini sendiri pada umumnya berisi nilai nilai yang berkaitan dengan kemanusiaan, hal ini tentunya juga sudah dapat kita lihat dalam sila ke 2 dalam Pancasila.

Sila ke 2 dalam Pancasila sendiri merupakan sila yang memiliki makna bahwa Indonesia merupakan negara yang beragam. Maka, dari keberagaman itu tentulah kita tidak boleh memberikan perlakuan yang berbeda terhadap suatu kelompok hanya karena terdapat sebuah perbedaan. Sila tersebut juga mengajarkan kita untuk menjunjung tinggi nilai kemanusiaan layak nya pada hak asasi manusia. Maka, sila ke dua dalam Pancasila dan hak asasi manusia kurang lebih memiliki arti dan makna yang sama.

Berdasarkan soal di atas, menurut saya opsi yang bukan/tidak melanggar nilai hak asasi manusia adalah opsi A. yaitu merusak prasarana dan sarana/fasilitas umum yang ada.

Berikut adalah pembahasan tiap opsi nya:

Opsi A= Menurut saya opsi ini adalah jawaban yang tepat untuk menjawab soal di atas yang meminta Contoh kasus yang tidak berkaitan dengan nilai HAM. Karena, merusak fasilitas umum tidak ada kaitan nya dengan kemanusiaan, dan merusak fasilitas umum juga tidak termasuk pelanggaran pada sila ke 2, melainkan pada sila ke 5.Opsi B= Menurut saya hal ini termasuk pelanggaran dalam nilai HAM. Karena, sekali nya seseorang memiliki profesi sebagai pembantu, tetaplah harus diperlakukan sebagai manusia tanpa memperhatikan profesi nyaOpsi C= Pertikaian antar kelompok atau geng tentunya merupakan pelanggaran HAM. Karena, pertikaian merupakan suatu hal yang memungkinkan seseorang akan tertindas, tentu hal tersebut adalah pelanggaran nilai pada HAMOpsi D= menculik bayi dan meminta tebusan menurut saya adalah pelanggaran HAM. Karena hal tersebut merupakan hal yang melanggar hak seorang bayi dan orang lain yang merupakan orang tua dari bayi tersebut, karena mereka tidak seharusnya memberikan tebusan kepada penculik. Hal tersebut tentunya merupakan salah satu contoh hal yang berkaitan dengan pelanggaran HAMOpsi E= Ketika kita menemukan orang yang telah tertuduh dalam kasus pencurian, menurut saya kita tidak seharusnya main hukum sendiri. Karena hal tersebut telah melanggar nilai HAM. Sebaiknya jika ada persoalan tersebut biarlah hukum saja yang mengadili nya. Maka dari itu menghakimi orang lain sendiri adalah pelanggaran HAM

Pelajari lebih lanjut Materi tentang pelanggaran HAM di Indonesia https://brainly.co.id/tugas/11464329Materi tentang pengertian HAM https://brainly.co.id/tugas/17412638Materi tentang pelanggaran HAM https://brainly.co.id/tugas/3516497

Detail jawaban

Mapel: PKN

Kelas: 10

Bab: Bab 3 HAM- Hak Asasi Manusia

Kode kategorisasi: 10.9.3

#AyoBelajar#SPJ5


20. 1. Berikut ini yg termasuk contoh upaya penegakan HAM adalah ... A. Memberi bantuan korban bencana alam B. Memberikan sosialisasi peraturan hukum yg berkaitan dengan HAM C. Menolong korban kecelakaan lalu lintas D. Melaporkan adanya penyiksaan anak 2. Partisipasi masyarakat terhadap upaya penegakan HAM ditunjukkan dengan cara ... A. Menyampaikan laporan atas terjadinya pelanggaran HAM B. Menampung keluhan para korban pelanggaran HAM C. Mensosialisasikan hak asasi manusia kepada masyarakat sekitar D. Menghargai kerja keras Komnas HAM dlm menyelesaikan kasus pelanggaran HAM


1. D. melaporkan adanya penyiksaan anak
2. A. menyampaikan laporan atas terjadinya pelanggaran HAM1.D.melaporkan adanya penyiksaan anak
2.A.menyampaikan laporan atas terjadinya pelanggaran HAM.

Video Terkait


Comments