Pasangan Alat Dan Manfaat Benda Yang Menerapkan Pemantulan Bunyi Adalah


Pasangan Alat Dan Manfaat Benda Yang Menerapkan Pemantulan Bunyi Adalah

Pasangan alat dan manfaat benda yang menerapkan pemantulan bunyi adalah ?

1. Pasangan alat dan manfaat benda yang menerapkan pemantulan bunyi adalah ?


Ultrasonografi (USG)

Alat yang digunakan untuk mengamati perkembangan bayi di dalam rahim ini memanfaatkan gelombang ultrasonik.

Pengujian Ultrasonik

Pengujian ultrasonik ini dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti pada bidang industri yang memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk proses homogenisasi susu.

Terapi Ultrasonik

Gelombang ultrasonik juga digunakan pada bidang kedokteran yang digunakan untuk terapi, sehingga dikenal dengan sebutan terapi ultrasonik.

Pembersih Ultrasonik

Mesin pencuci piring merupakan salah satu contoh benda yang menggunakan gelombang ultrasonik.

Sonar

Gelombang ultrasonik juga banyak dimanfaatkan pada sonar seperti yang dimanfaatkan oleh kapal untuk menentukan kedalaman dasar laut.


2. Jawablah soal di bawah ini! Jelaskan yang dimaksud dengan pemantulan bunyi! Sebutkan benda-benda yang dapat memantulkan bunyi! Mengapa gelombang bunyi dapat memantul? Sebutkan 3 manfaat pemantulan bunyi di kehidupan sekitar! Jelaskan perbedaan gema dan gaung? Sebutkan benda-benda yang dapat menyerap/meredam bunyi? Sebutkan 2 tempat yang menggunakan alat peredam bunyi!​


Jawaban:

1.Pemantulan adalah keadaan ketika gelombang bunyi yang datang mengenai permukaan suatu medium yang keras dan kembali ke medium asalnya dengan sudut yang sama. Bunyi dalam ruangan tertutup terdengar lebih keras karena dinding ruangan terlalu dekat dengan sumber bunyi.

2.Tembok.

Tembok.Dinding kayu.

Tembok.Dinding kayu.Cermin.

Tembok.Dinding kayu.Cermin.Beton.

Tembok.Dinding kayu.Cermin.Beton.Besi.

3.Pemantulan bunyi terjadi karena gelombang bunyi menabrak bidang pantul kemudian gelombang bunyi tersebut dipantulkan oleh bidang pantul tesebut. ... Ada sebagian bunyi tersebut yang diserap dinding pemantul. Kemampuan suatu permukaan dalam memantulkan bunyi tergantung pada keras lunaknya permukaan.

4.-Mendeteksi benda-benda di bawah laut. -Benda-benda di dalam laut bisa di deteksi dengan mengirimkan gelombang ultrasonik menggunakan alat tertentu.

-Melakukan survey geofisika.

-Menentukan kedalaman laut.

-Mendeteksi kerusakan pada struktur logam.

-Mengukur ketebalan logam.

5.Gema adalah pantulan bunyi yang didengar sesaat setelah bunyi berlangsung. Dilansir dari HyperPhysics Concepts, gaung adalah kumpulan bunyi yang dipantulkan dari permukaan di dalam ruang tertutup yang jika berlebihan dapat menghilangkan artikulasi.

6.◐ Gabus.

◐ Gabus.◐ Busa.

◐ Gabus.◐ Busa.◐ Kain.

◐ Gabus.◐ Busa.◐ Kain.◐ Karpet.

◐ Gabus.◐ Busa.◐ Kain.◐ Karpet.◐ Wol.

7.di bioskop.

di bioskop.ruang karaoke.

di bioskop.ruang karaoke.studio band/musik

Penjelasan:

Semoga bermanfaat, jadikan jawaban tercerdas y, makasih

From nissa, semangat ya buat kamu


3. menerapkan konsep pemantulan bunyi


untuk mencari kedalam

4. Manfaat pemantulan bunyi


menghitung kedalaman laut

5. Benda benda apa saja yang dapat memantulkan bunyi


Permukaan dinding batu semen ,besi kaca , keramik, dan sengkentungan, gendang, drum, trompet, peluit,  klakson,  bel,  tutnek

6. apa saja manfaat pemantulan bunyi


Menentukan kedalaman lautMendeteksi Benda-benda dibawah lautMenentukan Cepat rambat bunyi dalam suatu MediumMengukur ketebalan LogamMendeteksi cacat pada LogamMendeteksi keretakan logammengukur cepat rambat bunyi diudara

mengukur kedalaman laut dengan gelombang ultrasonik

memperbaharui kedudukan kapal selam dengan mengirim gelombang ultrasonik dari kalal pemburu ke bawah laut

mengetahui kedudukan gelombang ikan di laut

mengetahui kantong2 cekungan minyak bumi dengan mengirimkan gelombang bunyi ke dalam tanah

7. manfaat pemantulan bunyi


1. menentukan cepat rambat bunyi 
2. melaukan survei geofisika 
3. mengukur ketebalan plat logam
4. mengukur kedalaman laut 
5. ultrasonografi ( USG ) digunakan dalam bidang medis, yaitu untuk mendeteksi bayi dalam kandungan - mengukur kedalaman laut
-mengetahui kedudukan kapal selam dengan mengirim gelombang ultrasonik dari kapalpemburu ke bawah laut
-melakukan ultrasonografi pada janin
-mengetahui kedudukan segerombolan ikan laut
-mengathui jarak sumber bunyi dengan dinding memantul 

jadi jawaban yang terbaik ya



8. manfaat pemantulan bunyi


bunyi dapat digunakan sebagai penentu jarak atau sering disebut echolokasi.
lumba - lumba, paus memanfaatkan echolokasi dalam hal mencari makanan dan menghindari predator.
selain itu kelelawar juga menggunakan echolokasi dalam mencari makan.
kemampuan itu lah yang ditiru oleh manusia dan dipergunakan dalam teknologi kapal selam.Berikut ini berbagai manfaat pemantuan bunyi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita:

1. Mendeteksi benda-benda di bawah laut

Benda-benda di dalam laut bisa di deteksi dengan mengirimkan gelombang ultrasonik menggunakan alat tertentu yang di tempatkan pada bagian kapal, maka dapat diketahui kedudukan kapal selam. Bahkan tidak hanya mendeteksi sesuatu yang padat dan besar yang bersifat logam, selain itu juga dapat mengetahui kedudukan gerombolan ikan di laut. Hal itu tentu bisa membantu aktivitas maritim suatu negara.

2. Melakukan survey geofisika

Penerapannya dalam ilmu geofisika sangat bermanfaat dalam mendeteksi adanya manfaat sumber daya alamyang mengendap di dalam bumi. Resonansi bunyi dapat digunakan untuk mendeteksi dan menentukan lokasi struktur bumi dan dapat menemukan lapisan batuan yang mengandung endapan minyak.

3. Menentukan kedalaman laut

Mekanismenya hampir sama dengan manfaat pemantulan bunyi untuk mendeteksi benda di bawah laut. Kedalaman laut dapat mengetahui manfaat laut, yakni dengan cara menempelkan sebuah sumber getaran pada dinding kapal bagian bawah. Di dekat sumber getaran ini dipasang sebuah alat penerima getaran.

4. Mendeteksi kerusakan pada struktur logam.

Tidak hanya dengan sinar manfaat radioaktif saja yang bisa untuk mendeteksi adanya keretakan atau kerusakan pada logam, dengan pemantulan bunyi pun bisa membantu melakukannya. Scanning dengan pemantulan bunyi bermanfaat untuk menemukan retak-retak yang tersembunyi pada badan pesawat terbang, yang dapat membahayakan penerbangan.

5. Mengukur ketebalan logam

Bunyi merambat pada medium tertentu dan bahkan memantul. Hukum pemantulan bunyi bisa dijadikan untuk menemukan ketebalan suatu logam. Prinsip pemantulan bunyi dapat digunakan mengukur ketebalan pelat logam dan pembungkus logam yang mudah berkarat. Logam tersebut memiliki manfaat, berikut ini diantara jenisnya :

6. Menentukan waktu siang dan malam

Bagi para nelayan yang melaut, dapat memanfaatkan cepat rambat gelombang bunyi untuk menentukan waktu malam dan siang. Malam hari suara terdengar lebih jelas karena udara lebih rapat pada malam hari dibandingkan pada siang hari.

7. Membantu penderita tuna netra
Teknologi yang memanfaatkan pemanfaatan gelombang adalah manfaat kacamata tuna netra. Kacamata tuna netra ini dilengkapi dengan alat penerima dan pengiriman ultrasonik. Kacamata ini membantu penderita mengetahui dimana lokasinya karena menghubungkan dengan satelit.

8. Melihat detak jantung

Electrodiagram adalah alat kedokteran yang di gunakan untuk mendengar suara jantung dan pernapasan kita. Jika kita pernah lihat, ada tempelan-tempelan berkabel yang di tempatkan di dada pasien dan kemudian ada monitor yang memperlihatkan garis-garis lancip naik turun. Itulah yang digunakan untuk mendeteksi kondisi detak jantung pasien.

9. Menghancurkan tumor

Teknik scanning ultrasonic dapat membantu para medis untuk menghancurkan tumor. Teknik ini lebih aman karena tidak perlu merusak jaringan luar karena tidak memerlukan pembedaan. Sehingga resiko pendarahaan akan lebih kecil daripada penanganan tumor dengan operasi pembedahan.

10. Membantu proses USG

Manfaat pemantulan bunyi ini digunakan dalam alat kedokteran. Sebut contoh pada pemeriksaan USG (ultrasonografi) dengan memanfaatkan gelombang bunyi (ultrasonik). Teknik ultrasonic ini dapat membatu mengamati janin dalam kandungan, bahkan dapat menghilangkan jaringan otak yang rusak pada operasi bedah otak yang beresiko tinggi.

11. Menghancurkan batu ginjal

Prinsip dan logikanya sama dengan penghancuran tumor. Bunyi dengan frekuensi tertentu dapat merusak dan memecahkan benda-benda padat. Itulah yang dimanfaatkan di dalam alat kedokteran untuk membantu mengatasi batu ginjal. Tidak perlu di lakukan pembedahan karena hanya menggunakan gelombang ultrasonik.

12. Mendeteksi kerusakan jaringan

Tidak seperti manfaat sinar X, alat kedokteran yang menggunakan gelombang ultrasonik lebih aman tanpa resiko. Pemeriksaan dengan gelombang ultrasonik bisa disebut juga pengujian yang tidak merusak, atau disebutnon destructive testing. Dengan teknik pemeriksanaan ultrasonik ini mampu melihat organ dalam seperi hati dan otak kita apakah ada indikasi kanker atau tidak.

9. sebutkan isi dari hukum pemantulan bunyi dan manfaat pemantulan bunyi. terimakasih


manfaatnya supaya di tempat yg berdekatan bunyi dapat di dengarmanfaat; memperkeras suara asli
              mengukur kedalaman laut
              mengukur jarak dari sumber bunyi ke pendengar

10. benda benda yang dapat memantulkan bunyi


permukaan dinding batu atau semen,besi,kaca,keramik dan seng
contoh benda yang dapat memantulkan bunyi yaitu kaca

11. 5 benda yang dapat memantulkan bunyi dan yang tidak dapat memantulkan bunyi


Bunyi dapat merambat melalui media perambatan berupa benda padat, cair, dan gas. Jika tidak ada media perambatan, maka bunyi tidak bisa terdengar. Misalnya, saat berada di luar angkasa yang tidak ada udara atau hampa udara, bunyi tidak bisa kita dengar

Pembahasan:

Gelombang bunyi terdiri dari molekul-molekul udara yang bergetar merambat ke segala arah. Tiap saat, molekul-molekul itu berdesakan di beberapa tempat, sehingga menghasilkan wilayah tekanan tinggi, tapi di tempat lain merenggang, sehingga menghasilkan wilayah tekanan rendah. Gelombang bertekanan tinggi dan rendah secara bergantian bergerak di udara, menyebar dari sumber bunyi. Gelombang bunyi ini menghantarkan bunyi ke telinga manusia, Gelombang bunyi adalah gelombang longitudinal.

Perambatan bunyi sehingga bisa terdengar atau sampai ke tempat - tempat yang bermacam - macam lokasinya, hal ini tentunya melewati suatu medium atau perantara. Perantara atau medium perambatan bunyi ini dapat berupa berbagai macam bentuk zat yang bermacam - macam. Jenis zat yang dapat digunakan oleh bunyi untuk melakukan perambatan diantaranya gas, padat, dan cair. Berbagai jenis zat tersebut dapat dipergunakan oleh bunyi untuk melakukan perambatan sehingga bunyi tersebut dapat terdengar dari tempat yang tidak sama dari sumber berasalnya bunyi tersebut.

Beberapa benda yang dapat memantulkan bunyi adalah

BesiAirKayuKursiMeja

Beberapa benda yang dapat menyerap bunyi

Karung gonikarpetkaretkertaswolPelajari lebih lanjut:Materi tentang perbandingan skala pada termometer https://brainly.co.id/tugas/25117436Detail Jawaban:

Kelas : XI

Mapel : Fisika

Bab : Gelombang Bunyi

Kode : 11.6.9

Kata kunci : Bunyi, Gelombang, Padat, Cair


12. manfaat pemantulan bunyi


mengukur kedalaman goa
trimakasih semoga membantu :)Mendeteksi benda-benda di bawah laut. .
..Melakukan survey geofisika.
...Menentukan kedalaman laut. .
..Mendeteksi kerusakan pada struktur logam. .
..Mengukur ketebalan logam. .

..Membantu penderita tuna netra.

13. apa manfaat pemantulan bunyi?


Mengetahui kedalaman suatu lautmengukur kedalaman laut atau gua
mengukur jarak suatu benda


14. apa manfaat pemantulan bunyi​


Jawaban:

Pemantulan bunyi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Berikut ini contoh pemanfaatan pemantulan bunyi dalam kehidupan.

1. Mendeteksi benda-benda bawah laut

Benda-benda di dalam laut dapat dideteksi dengan mengirimkan gelombang ultrasonik menggunakan alat tertentu yang di tempatkan pada bagian kapal.

Melalui pemanfaatan pemantulan bunyi, maka akan dapat diketahui kedudukan kapal selam. Tidak hanya mendeteksi sesuatu yang padat dan besar yang bersifat logam, pemantulan bunyi juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui kedudukan gerombolan ikan di laut.

2. Mengukur kedalaman laut

Pemantulan bunyi juga dapat digunakan untuk mengukur kedalaman laut. Mekanismenya sama dengan manfaat pemantulan bunyi untuk mendeteksi benda bawah laut.

Caranya adalah dengan menempelkan sumber getaran pada dinding kapal bagian bawah. Di dekat sumber getaran tersebut dipasang sebuah alat penerima getaran.

3. Mendeteksi keretakan logam

Pemantulan bunyi dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan pada struktur logam. Scanning dengan pemantulan bunyi bermanfaat untuk menemukan keretakan tersembunyi pada pesawat terbang yang dapat membahayakan penerbangan.

4. Pemeriksaan USG

Di bidang kedokteran, pemantulan bunyi dimanfaatkan pada pemeriksaan ultrasonografi (USG) melalui teknik ultrasonik.

Teknik ultrasonik dapat membantu mengamati janin dalam kandungan dan bahkan dapat menghilangan jaringan otak yang rusak pada operasi bedah otak beresiko tinggi.


15. benda-benda apa saja yang dapat memantulkan bunyi


benda benda yg dapat menghasilkan bunyi nyaitu:
batu,besi,kaca,keramikalat USG... memantulkan bunyi ultrasonik

16. Benda benda yang dapat memantulkan bunyi


Banyak lahh !!! harus sebutin berapa ???Batu, tembok, kaca, kramik, seng, lempengan besi, atau benda benda yang besifat keras/padat.



Jika tidak keberatan anda bisa jadikan jawaban ini sebagai terbaik yaa (5 bintang)



17. benda benda yang dapat memantulkan bunyi​


Penjelasan:

seng,kaca,dinding kayu,d.l.l.

Jawaban:

piring kaca,kaleng,dan kayu.

Penjelasan:

karena benda keras dapat memantulkan bunyi


18. Antara mengukur kecepatan bunyi di air dan menentukan tinggi rendahnya nada pada alat musik, mana yang termasuk manfaat pemantulan bunyi?


dua duanya termasuk dalam pemanfaatan bunyi

19. manfaat pemantulan bunyi


1. menentuan kealamn laut
2. mendeteksi benda2 didalam laut
3. mengukur ketebalan logam
4. untuk USG

20. Bunyi dapat memantul jika mengenai benda yang keras. Berikut ini manfaat dari bunyi pantul yang tepat adalah


Jawaban:

Dapat mendengar suara yang lebih keras

Semoga membantu

Jawaban:

gelombang bunyi menabrak bidang pantul kemudian gelombang bunyi tersebut dipantulkan oleh bidang pantul tersebut.

Penjelasan:

FOLLOW AKU


Video Terkait


Comments