Sebutkan 3 Contoh Bentuk Interaksi Manusia Yang Menjaga Lingkungan Alam


Sebutkan 3 Contoh Bentuk Interaksi Manusia Yang Menjaga Lingkungan Alam

Sebutkan 3 contoh bentuk interaksi manusia yang menjaga lingkungan alam

Daftar Isi

1. Sebutkan 3 contoh bentuk interaksi manusia yang menjaga lingkungan alam


1. Upaya bersih selokan maupun kali dari timbunan sampah secara gotong royong
2. Melakukan penghijaun pada daerah sekitar tempat tinggal.
3.manusia menghindari tinggal/ melakukan pembangunan di daerah rawan bencana alam

Semoga membantu...

2. Bahasa indonesia3. Bagaimana cara kita mengetahui makna dalam sebuah pantun4. Apa tanggung jawab orang yang membaca pantun?IPA5. Sebutkan fungsi bilik kanan pada jantung manusia ?6. Sebutkan macam-macam pembuluh darah ?IPS7. Mengapa manusia harus menjaga kelestraian lingkungan?8. Sebutkan contoh interaksi manusia dengan lingkkungan alam !9. Apakah yang dimaksud pola lantai ?10. Sebutkan bentuk-bentuk komik!​


Jawaban:

3.mengamatinya dan memahaminya

4.memahaminya dengan baik

7.supaya kita tidak terkena penyakit

Penjelasan:

maaf aku taunya cuma itu maaf ya kalo salah jawabanya


3. 2. Bagaimana sikapmu jika pendapatmu ditolak oleh semua peserta musyawarah?Bahasa indonesia3. Bagaimana cara kita mengetahui makna dalam sebuah pantun4. Apa tanggung jawab orang yang membaca pantun?IPA5. Sebutkan fungsi bilik kanan pada jantung manusia ?6. Sebutkan macam-macam pembuluh darah ?IPS7. Mengapa manusia harus menjaga kelestraian lingkungan?8. Sebutkan contoh interaksi manusia dengan lingkkungan alam!9. Apakah yang dimaksud pola lantai ?10. Sebutkan bentuk-bentuk komik !tolong di bantu︶︿︶​


2. Bagaimana sikapmu jika pendapatmu ditolak oleh semua peserta musyawarah?

Meminta saran/kritik Kepada Peserta musyawarah

3. Bagaimana cara kita mengetahui makna dalam sebuah pantun

Membaca Baris ke 4-5

4. Apa tanggung jawab orang yang membaca pantun?-

Pembaca Harus Memahami Makna Atau Amanat dalam pantun Tersebut

5. Sebutkan fungsi bilik kanan pada jantung manusia ?

Untuk Memompa darah kotor

6. Sebutkan macam-macam pembuluh darah ?

pembuluh arteri

pembuluh vena

pembuluh kapiler

7. Mengapa manusia harus menjaga kelestraian lingkungan?

Agar Tidak Terjadi Bencana Alam dan membuat lingkungan bersih

8. Sebutkan contoh interaksi manusia dengan lingkkungan alam!

-Melakukan Kerja Bakti

-Melakukan Reboisasi

-Melakukan Daur ulang Sampah Sampah

9. Apakah yang dimaksud pola lantai ?

pola lantai adalah sebuah pola yang dibentuk untuk memudahkan penghafalan gerakan bagi penari dalam berpindah, bergerak

10. Sebutkan bentuk-bentuk komik !

-Komik Hitam putih

berbentuk kotak kotak dengan kualitas seperti koran

-Komik Warna

berbentuk buku namun kadang memiliki pola bundar dan kotak kualitas seperti buku yg berwarna

-Komik Digital

Tidak Memiliki Wujud fisik karena berbentuk digital

bentuk bentuk dalam komik tersebut tergantung imajinasi penulis


4. 1. Bentuk interaksi manusia dengan lingkungan terhadap pembangunan sosial budaya yaitu... A. Pak RT tidak membolehkan masyarakat yang berasal dari suku yang berbeda B. Melakukan pementasan tari gamboyan untuk melestarikannya C. Kampung naga sangat tertutup dari warga luar D. Warga merasa tidak perlu ada interaksi sosial 2. Manusia disebut mahluk sosial karena.... A. Hidup mandiri B. Tidak mampu bersosialisasi C. Individualis dalam masyarakat D. Cenderung hidup berkelompok dan bermasyarakat 3. Klub sepakbola Fc. Jagajarak dan Fc. Cuci tangan bertanding. Contoh interaksi yang terjadi yaitu.... A. Interaksi antar kelompok B. Interaksi antar individu C. Interaksi ramai-ramai D. Interaksi bersama 4. Manfaat interaksi sosial, salah satunya adalah A. Mencerdaskan kehidupan bangsa B. Mencegah terjadinya bencana alam C. Menciptakan kerukunan D. Memicu pertengkaran ____________________________ 1. Sebutkan tiga kewajiban kalian di lingkungan keluarga! 2. Buatlah sebuah pantun nasihat dengan tema menjaga kesehatan! 3. Bagaimana alur peredaran darah besar dan peredasar darah kecil? 4. Sebutkan tiga contoh interaksi individu dengan kelompok! Bantu jawab:)


Jawaban:

1. B. Melakukan pementasan tari gamboyan untuk melestarikannya.

2. D. Cenderung hidup berkelompok dan bermasyarakat.

3. A. Interaksi antar kelompok.

4. C. Menciptakan kerukunan.

1. >Mengikuti aturan orang tua.

>Membantu pekerjaan rumah.

>Membantu orang tua.

2. Jalan-jalan ke rumah Rahmat

Pulangnya bertemu Laga

Agar kita hidup sehat

Hendaknya rutin olahraga

3. Peredaran darah kecil yaitu peredaran darah yang mengalirkan darah dari jantung ke paru-paru, lalu kembali ke jantung. Peredaran darah besar, pertukaran gas yang terjadi adalah gas karbon dioksida bertukar dengan oksigen di dalam paru-paru.

4. Orang yang berpidato, guru yang mengajar, orang yang sedang presentasi.


5. Kerjakan soal-soal berikut dengan benar dan tepat!1. Pembangunan pemukiman merupakan salah satu bentuk interaksi manusia dengan alam. Manusia biasanya mengubah lahan pertanian atau menutup rawa-rawa untuk membangun pemukiman. Interaksi tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal manusia. Tuliskan upaya apa yang seharusnya dilakukan dalam upaya pembangunan tersebut agar kelestarian alam tetap terjaga!2. Indonesia dikenal sebagai paru-paru dunia karena hutannya yang begitu luas. Namun , saat ini jumlah hutan di Indonesia berkurang karena adanya penebangan liar. Akibatnya banyak hutan di Indonesia menjadi gundul. Tuliskan 2 cara memperbaiki hutan yang gundul!3. Saat ini daerah Riau mengalami kondisi kabut asap akibat kebakaran lahan/hutan. Bagaimana cara memperbaiki kelestarian lingkungan akibat kebakaran lahan tersebut?4. Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan adanya dataran tinggi dan dataran rendah. Akibat kondisi lingkungan tersebut maka kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat berbeda-beda. Sebutkan aktivitas ekonomi penduduk dataran rendah dan dataran TOLONG TELITI SOALNYA INI ADALAH SOAL UJIAN!! KALO GAK.. YA JELASLAH AKU LAPORIN SEMUA NYA TELITI JANGAN 1 SOAL AJA!!tinggi tersebut!5. Sebutkan kegiatan manusia yang dapat berdampak negatif terhadap lingkungan alam!6. Salah satu latar belakang hadirnya bangsa asing di Indonesia adalah untuk penyebaran misi 3G. Jelaskan pengertian misi 3G!7. Kedatangan para penjajah dipengaruhi oleh kekayaan alam Indonesia. Sebutkan contoh hasil bumi Indonesia yang menjadi daya Tarik bangsa asing datang ke Indonesia!8. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di eropa juga mendorong bangsa asing datang ke negara lain termasuk Indonesia. Mengapa bangsa Eropa mudah menaklukkan dan menguasai Indonesia pada masa itu?9. Bangsa Belanda menciptakan sistem tanam paksa terhadap bangsa Indonesia. Jelaskandampak pelaksanaan tanam paksa bagi rakyat Indonesia!10. Sebutkan nilai-nilai juang dari para tokoh pahlawan bangsa yang patut kita teladani!​


Jawaban:

1 maaf kak aku ga tau jawaban no 1.

2.- melakukan reboisasi.

- tadak menebang pohon sembarangan.

3.- tidak membuka lahan dengan membakar

pepohonan.

- tidak menebang pohon secara liar..

4.- dataran rendah:

kegiatan ekonomi pertanian sawah, perkebunan seperti tebu dan kelapa sawit, peternakan, perdagangan, dan transportasi.

- dataran tinggi:

bertani dengan tanaman sayuran, perkebunan kopi, teh, cengkeh, pertanian padi dengan sistem terasering.

5.- Pembakaran Hutan. ...

- Membuang Sampah ke Sungai. ...

- Penggunaan Pestisida Secara Berlebihan.

6.- Glory:adanya keinginan mencari kejayaan.

-Gold:adanya keinginan mencari kekayaan kekayaan yang bangsa Eropa cari terutama adalah rempah-rempah.

7 .rempah-rempah. hal lainnya seperti emas, tembaga, timah dan barang tambang lain.

8.karena pada saat itu indonesia masih bersifat kedaerahan berupa kerajaan, sehingga kerajaan tersebut di adu domba bangsa eropa, dan juga peralatan perang indonesia pada saat itu masi belum cukup kuat sehingga indonesia mudah dikuasai.

9.Dampak positif pelaksanaan tanam paksa

Rakyat Indonesia mengenal berbagai teknik menanam jenis-jenis tanaman baru. Meningkatnya jumlah uang yang beredar di pedesaan, sehingga memberikan rangsangan bagi tumbuhnya perdagangan.

10. - pantang menyerah.

- rela berkorban.

- teguh dan gigih.

- cinta tanah air.

- sabar.

Penjelasan:

maaf ya kalau salah semoga bermanfaat


6. 1. Perhatikan pantun berikut!a. seorang dokter memeriksa pasien-Pagi hari makan buahnyaMakan buah bersama kawanseorang menolong temannya yangPenyakit itu dapat dicegahjatuhAsalkan disiplin menjaga kesehatanc. seorang petani menanam padi diMakna yang terkandung dalam pantunsawahtersebut adalah ....seorang siswa bertanya kepadaa ajakan untuk makan buahgurunyabajakan makan buah bersama(IPS KD 3.2)c. ajakan untuk makan pagiSifat yang dapat menghambat kegiatand ajakan untuk mencegah penyakitmusyawarah adalah ....(Bahasa Indonesia KD 3.6)a. egois2. Lingkungan yang terbentuk secarab. kekeluargaanalamiah tanpa campur tangan manusiac. toleransidisebut....d. lapang dadaa lingkungan alam(PPKn KD 3.2)b. lingkungan sosial5. Hak untuk mengemukakan pendapatc. lingkungan budayadimiliki olehd. interaksi sosiala. pengurus saja(IPS KD 3.2)b. ketua dan wakil ketua3. Contoh interaksi manusia denganc. dewan penasihat sajalingkungan alam adalah ....d. seluruh peserta rapat(PPKn KD 3.2)​


Jawaban:

penyakit dapat dicegahlingkungan alamseorang petani menanam padi disawah

7. 1. Hubungan sosial yang terjadi antara manusia dengan satu sama lainnya, baik dalam bentuk antar indivudu maupun kelompok disebut . . . . *a. Kontak sosialb. Dorongan sosialc. Interaksi sosiald. Komunikasi sosial2. Bentuk interaksi manusia dengan alam dapat kita temukan pada peristiwa . . . . *a. Nelayan menjual tangkapannyab. Petani membeli pupukc. Pedagang berjualand. Petani memupuk padinya3. Interaksi dengan lingkungan yang dilakukan secara positif dapat kita temukan pada contoh berikut ini adalah . . . . *a. Menyemprot tanaman dengan pestisida berlebihanb. Membuang sampah ke sungaic. Melakukan penebangan hutand. Menerapkan daur ulang4. Dampak postif yang dirasakan ketika manusia melakukan interaksi dengan alam secara baik adalah . . . . *a. Banyaknya terdapat sumber makananb. Kelestarian alam akan terjagac. Menambah lapangan pekerjaand. Memberikan devisa negara5. Pengaruh negatif dari interaksi sosial manusia adalah . . . . *a. Adanya pertukaran pengetahuanb. Kenakalan remajac. Kemudahan mencari kebutuhand. Terciptanya toleransi6. Kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan peningkatan taraf hidup adalah . . . . *a. pemberian bantuan modal usahab. pelatihan kerjasama masyarakatc. mengadakan senam bersama setiap hari minggu pagid. mengadakan gotong royong membersihkan tempat ibadah7. Membentuk koperasi simpan pinjam merupakan aktivitas masyarakat yang mencerminkan . . . . *a. menjaga kesehatan masyarakatb. meningkatkan taraf hidup masyarakatc. menciptakan ketertiban dan keamanan dalam masyarakatd. menciptakan kedamaian dan kenyamanan dalam masyarakat8. Perhatikan aktivitas masyarakat berikut. 1) Menjual cendera mata di sekitar objek wisata . 2) Mengunjungi dan mempelajari sejarah objek wisata di daerah. 3) Mengikuti festival makan luar negeri. 4) Mengikuti pentas seni budaya daerah. Aktivitas masyarakat yang mencerminkan pembangunan budaya ditunjukkan oleh angka . . . *a. 1)dan 2)b. 1)dan 3)c. 2) dan 4)d. 3) dan 4)9. Aktivitas peserta didik yang mencerminkan upaya pembangunan budaya di sekolah yang paling tepat adalah . . . . *a. mengikuti ekstrakurikuler tari tradisional.b. menggunakan batik ketika upacara benderac. memainkan musik pop pada saat pentas senid. menggunakan bahasa Indonesia ketika berkomunikasi10. Berikut ini adalah contoh interaksi sosial, kecuali . . . . *a. Andi dan Siti berdiskusi kelompokb. Ayu menyapa tetangganya saat lewatc. Ana sedang membaca buku di kamard. Ibu guru sedang mengajar di kelas tolong jawab nanti klo iawab ku follow jawaban tercedas, like, bintang 5 NO ASAL !!​


Jawaban:

1. C

2. C

3. D

4. B

5. B

6. A

7. D

8. C

9. A

10. C

ini udah tetap semangat y :)

Jawaban:

1.C.Interaksi sosial

2.D.Petani memupuk padinya

3.D.Menerapkan daur ulang

4.B.Kelestarian alam terjaga

5.B.Kenakalan Remaja

6.A.Pemberian bantuan modal usaha

7.B.Meningkatkan taraf hidup masyarakat

8.C.2) dan 4)

9.D.Menggunakan bahasa indonesia ketika berkomunikasi

10.C.Ana sedang membaca buku dikamar

Penjelasan:

Semoga bermanfaat,Maaf kalau salah


8. Setiap makhluk hidup tidak akan bisa hidup sendiri tapi bergantung pada makhluk hidup lain dam sumber daya alam. Ada hubungan antara makhluk hidup dan lingkungan, baik lingkungan yang berupa makhluk hidup atau dengan benda tidak hidup.Hubungan itu akan membentuk timbal balik yang kompleks. Makhluk hidup dengan lingkungannya yang saling berhubungan di alam, biasa di sebut dengan ekosistem, dan di alam terdapat bermacam-macam ekosistem.Ekosistem adalah suatu sistem yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara mahkluk hidup dengan lingkungannyaKomponen lingkunganDalam pembentukan ekosistem terdapat dua komponen, yakni:Komponen biotik (makhluk hidup)Komponen abiotik (makhluk tidak hidup).Berikut penjelasannya:1. Komponen BiotikKomponen biotik ini merupakan semua makhluk hidup yang ada di dalam lingkungan. Seperti manusia, hewan dan tumbuhan.Makhluk hidup pada komponen tersebut memiliki kedudukan dan peran masing-masing dalam lingkungan. Mereka juga dapat memengaruhi komponen abiotik lainnya.Dalam komponen biotik dibedakan menjadi 3 peranan:1. ProdusenProdusen merupakan makhluk hidup yang dapat menghasilkan zat makanan yang diperlukan makhluk hidup lain.Tugas tersebut diperankan oleh makhuk hidup yang mempunyai klorofil (zat hijau daun) yaitu tumbuhan hijau.Tumbuhan mensintesis atau membuat zat makanan menggunakan bahan karbondioksida (CO2) dan air (H2O) dengan bantuan cahaya matahari.2. KonsumenKonsumen merupakan makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri (organisme heterotrof). Konsumen akan bergantung pada makhluk hidup lain untuk makanannya.3. PenguraiPenguraian ini bertugas membusukkan dan menguraikan hewan dan tumbuhan yang telah mati. Makhluk hidup yang berperan sebagai pengurai antara lain cacing, bakteri dan jamur.Proses penguraian sangat penting untuk menjaga stabilitas ekosistem dengan mengurai zat-zat sisa menjadi unsur hara yang akan diserap oleh tanah.Komponen AbiotikKomponen abiotik merupakan benda tidak hidup yang ada di dalam lingkungan. Keberadaan komponen tersebut sangat memengaruhi jenis makhluk hidup yang menempati suatu lingkungan.Beberapa Komponen abiotik antara lain:Cahaya matahari, ini adalah sumber utama energi untuk semua makhluk hidup di bumi.Udara, dalam udara ada berbagai jenis gas, seperti oksigen, hidrogen, karbon dioksida dan nitrogen.Air, semua makhluk hidup di bumi membutuhkan air untuk bertahan hidup.Suhu, merupakan salahsatu komponen penting bagi makhluk hidup di bumi.Pola interaksiSetiap makhluk hidup akan melakukan interaksi dengan makhluk hidup lain. Itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhannya.Ada beberapa pola interaksi yang dapat terjadi pada makhluk hidup, yakni1. PersainganPersaingan akan terjadi pada makhluk hidup yang membutuhkan bahan makanan. Persaingan satu pola interaksi yang menyebabkan kerugian bagi salah satu pihak yang kalah bersaing.2. PredasiPradasi merupakan selain melakukan persaingan. Makhluk hidup akan mendapatkan makanan dengan memangsa makhluk hidup lain. Contohnya, singa yang memakan kijang zebra, atau rusa.3. SimbiosisSimbiosis adalah beberapa makhluk hidup yang hidup berdampingan tanpa melakukan persaingan atau predasi.Simbiosis merupakan pola interaksi antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis dalam suatu lingkungan. Dalam simbiosis antara dua jenis makhluk hidup dibedakan menjadi tiga, yakni simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme.4. AntibiosisAntibiosis adalah interaksi antara makhluk hidup, di mana makhluk hidup yang satu menghambat kehidupan dan pertumbuhan makhluk hidup lain.1. Sebutkan apa yang kamu ketahui tentang ekosistem dan komponen penyusunnya dan contohnya?2. Sebutkan dan jelaskan tentang pola interaksi pada makhluk hidup! ​


Jawaban:

1.Ekosistem adalah suatu sistem yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara mahkluk hidup dengan lingkungannya

Komponen biotik (makhluk hidup)

contoh ; daun , pohon pohonan

Komponen abiotik (makhluk tidak hidup).

contoh ; cahaya matahari , air , dan udara.

2.A. Persaingan

Persaingan akan terjadi pada makhluk hidup yang membutuhkan bahan makanan.

B. Predasi

Pradasi merupakan selain melakukan persaingan. Makhluk hidup akan mendapatkan makanan dengan memangsa makhluk hidup lain.

C. Simbiosis

Simbiosis adalah beberapa makhluk hidup yang hidup berdampingan tanpa melakukan persaingan atau predasi.

D. Antibiosis

Antibiosis adalah interaksi antara makhluk hidup, di mana makhluk hidup yang satu menghambat kehidupan dan pertumbuhan makhluk hidup lain.


9. I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar ! 1. Contoh interaksi sosial yang mengarah ke persatuan adalah .... a. menanam pohon b. kerja bakti c. berkelahi d. tawuran 2. Berikut ini yang termasuk interaksi sosial dalam masyarakat adalah .... a. pemilihan ketua OSIS b. kegiatan piket kelas c. kerja bakti d. beribadah 3. Manusia disebut sebagai makhluk sosial karena .... a. dapat hidup sendiri b. tidak suka berteman c. membutuhkan bantuan orang lain d. tidak membutuhkan bantuan orang lain 4. Berikut ini manfaat dari interaksi sosial yang tepat adalah .... a. menciptakan konflik antarwarga b. memupuk persatuan dan kesatuan c. menumbuhkan sikap acuh tak acuh d. mempercepat terjadinya dominasi sosial 5. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini! (1) Menjaga kerukunan. (2) Menciptakan kedamaian. (3) Menciptakan permasalahan. (4) Menciptakan keharmonisan. Tujuan menjaga interaksi yang baik antarwarga di desa ditunjukkan oleh nomor .... a. (1), (2), dan (3) b. (1), (2), dan (4) c. (1), (3), dan (4) d. (2), (3), dan (4) 6. Interaksi yang terjadi antara manusia dan lingkungan alam harus berjalan harmonis. Untuk menciptakan interaksi yang harmonis, manusia sebaiknya .... a. meningkatkan penemuan di bidang teknologi pertanian b. mengeksploitasi alam sebesar-besarnya c. membiarkan lingkungan alam tanpa memanfaatkan d. memanfaatkan lingkungan alam secara bijaksana 7. Saat kita berbelanja di pasar, kita berkomunikasi dengan penjual dan banyak orang lainnya. Ini membuktikan bahwa manusia sedang berinteraksi dengan lingkungan .... a. sendiri b. alam c. buatan d. sosial 8. Faktor pendorong keberhasilan dalam pembangunan adalah .... a. jumlah manusia yang makin banyak b. tingkat pendidikan yang terbatas c. kualitas sumber daya manusia d. kemiskinan yang merajalela 9. Berikut ini yang bukan contoh interaksi sosial adalah .... a. kegiatan gotong royong b. membeli barang di pasar c. bermain video game sendirian d. membantu orang lain yang kesulitan 10. Perhatikan contoh pendidikan berikut ini! (1) Seminar (2) Diskusi panel (3) Perguruan tinggi (4) Sekolah dasar Bentuk pendidikan informal ditunjukkan oleh nomor .... a. (1) dan (2) b. (1) dan (3) c. (2) dan (3) d. (2) dan (4) 11. Perhatikan aktivitas berikut ini! (1) Kegiatan mengirim barang. (2) Kegiatan membeli barang. (3) Kegiatan tawar menawar. (4) Belajar di kamar. Contoh interaksi masyarakat dalam aktivitas ekonomi ditunjukkan oleh nomor .... a. (1), (2), dan (3) b. (1), (2), dan (4) c. (1), (3), dan (4) d. (2), (3), dan (4) 12. Berikut ini yang bukan aktivitas masyarakat di daerah pantai adalah .... a. menangkap ikan b. membuat garam c. membuat ikan asin d. menggembala sapi 13. Faktor ekonomi yang memengaruhi jalannya usaha atau kegiatan ekonomi disebut lingkungan .... a. ekonomi b. budaya c. sosial d. masyarakat 14. Sumber daya ekonomi untuk interaksi manusia dengan lingkungan ekonomi merupakan suatu hal yang penting. Sumber daya ekonomi tersebut digunakan untuk .... a. menarik investor b. memenuhi kebutuhan c. menarik wisatawan asing d. mendapatkan keuntungan 15. Perhatikan contoh interaksi berikut ini! (1) Pemilihan ketua kelas. (2) Membantu ibu memasak. (3) Ronda malam. (4) Kerja bakti. Contoh interaksi sosial di lingkungan sekolah ditunjukkan oleh nomor .... a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) 16. Hubungan antara penjual dan pembeli dalam suatu transaksi jual beli merupakan salah satu bentuk interaksi di bidang .... a. politik b. sosial budaya c. ekonomi d. pendidikan 17. Belajar di rumah bersama kakak termasuk contoh bentuk interaksi .... a. kelompok dengan kelompok b. individu dengan kelompok c. antarindividu d. manusia dengan lingkungan 18. Pak Yadi siang ini akan bertemu Pak Joni untuk menjual hasil panen miliknya. Berdasarkan hal tersebut maka interaksi sosial yang terjadi dikarenakan adanya kepentingan dalam bidang .... a. sosial b. ekonomi c. budaya d. pendidikan 19. Tingkat produktivitas suatu daerah akan menjadi lebih tinggi jika pada daerah tersebut memiliki .... a. jumlah penduduk yang kaya b. jumlah rumah yang banyak c. jumlah lelaki yang lebih banyak d. jumlah sumber daya alam yang melimpah 20. Contoh interaksi sosial karena adanya kepentingan bidang budaya adalah .... a. Bu Ratna mengunjungi toko Makmur untuk membeli pakaian b. Pak Bagus dan Pak Rudi sedang rapat membahas program pemerintahan c. Para warga berkumpul bersama untuk menonton pagelaran wayang kulit d. Fina dan Lia sedang mengaji bersama di rumah Ustadz Danu​


Jawaban:

1. Contoh interaksi sosial yang mengarah ke persatuan adalah

b. kerja bakti

2. Berikut ini yang termasuk interaksi sosial dalam masyarakat adalah

c. kerja bakti

3. Manusia disebut sebagai makhluk sosial karena

c. membutuhkan bantuan orang lain

4. Berikut ini manfaat dari interaksi sosial yang tepat adalah

b. memupuk persatuan dan kesatuan

5. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!

(1) Menjaga kerukunan.

(2) Menciptakan kedamaian.

(3) Menciptakan permasalahan.

(4) Menciptakan keharmonisan.

Tujuan menjaga interaksi yang baik antarwarga di desa ditunjukkan oleh nomor

b. (1), (2), dan (4)

6. Interaksi yang terjadi antara manusia dan lingkungan alam harus berjalan harmonis. Untuk menciptakan interaksi yang harmonis, manusia sebaiknya

d. memanfaatkan lingkungan alam secara bijaksana

7. Saat kita berbelanja di pasar, kita berkomunikasi dengan penjual dan banyak orang lainnya. Ini membuktikan bahwa manusia sedang berinteraksi dengan lingkungan

d. sosial

8. Faktor pendorong keberhasilan dalam pembangunan adalah

c. kualitas sumber daya manusia

9. Berikut ini yang bukan contoh interaksi sosial adalah

c. bermain video game sendirian

10. Perhatikan contoh pendidikan berikut ini!

(1) Seminar

(2) Diskusi panel

(3) Perguruan tinggi

(4) Sekolah dasar

Bentuk pendidikan informal ditunjukkan oleh nomor

a. (1) dan (2)

11. Perhatikan aktivitas berikut ini!

(1) Kegiatan mengirim barang.

(2) Kegiatan membeli barang.

(3) Kegiatan tawar menawar.

(4) Belajar di kamar.

Contoh interaksi masyarakat dalam aktivitas ekonomi ditunjukkan oleh nomor

a. (1), (2), dan (3)

12. Berikut ini yang bukan aktivitas masyarakat di daerah pantai adalah

d. menggembala sapi

13. Faktor ekonomi yang memengaruhi jalannya usaha atau kegiatan ekonomi disebut lingkungan

a. ekonomi

14. Sumber daya ekonomi untuk interaksi manusia dengan lingkungan ekonomi merupakan suatu hal yang penting. Sumber daya ekonomi tersebut digunakan untuk

b. memenuhi kebutuhan

15. Perhatikan contoh interaksi berikut ini!

(1) Pemilihan ketua kelas.

(2) Membantu ibu memasak.

(3) Ronda malam.

(4) Kerja bakti.

Contoh interaksi sosial di lingkungan sekolah ditunjukkan oleh nomor

a. (1)

16. Hubungan antara penjual dan pembeli dalam suatu transaksi jual beli merupakan salah satu bentuk interaksi di bidang

c. ekonomi

17. Belajar di rumah bersama kakak termasuk contoh bentuk interaksi

c. antarindividu

18. Pak Yadi siang ini akan bertemu Pak Joni untuk menjual hasil panen miliknya. Berdasarkan hal tersebut maka interaksi sosial yang terjadi dikarenakan adanya kepentingan dalam bidang

b. ekonomi

19. Tingkat produktivitas suatu daerah akan menjadi lebih tinggi jika pada daerah tersebut memiliki

d. jumlah sumber daya alam yang melimpah

20. Contoh interaksi sosial karena adanya kepentingan bidang budaya adalah

c. Para warga berkumpul bersama untuk menonton pagelaran wayang kulit

Penjelasan:

Semoga membantu :)


10. Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.[1] Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.[1]Ekosistem padang rumput adalah contoh ekosistem terestrialEkosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme.[1] Matahari sebagai sumber dari semua energi yang ada.[1]Dalam ekosistem, organisme dalam komunitas berkembang bersama-sama dengan lingkungan fisik sebagai suatu sistem.[2] Organisme akan beradaptasi dengan lingkungan fisik, sebaliknya organisme juga memengaruhi lingkungan fisik untuk keperluan hidup.[2] Pengertian ini didasarkan pada Hipotesis Gaia, yaitu: "organisme, khususnya mikroorganisme, bersama-sama dengan lingkungan fisik menghasilkan suatu sistem kontrol yang menjaga keadaan di bumi cocok untuk kehidupan".[2] Hal ini mengarah pada kenyataan bahwa kandungan kimia atmosfer dan bumi sangat terkendali dan sangat berbeda dengan planet lain dalam tata surya.[2]Kehadiran, kelimpahan dan penyebaran suatu spesies dalam ekosistem ditentukan oleh tingkat ketersediaan sumber daya serta kondisi faktor kimiawi dan fisis yang harus berada dalam kisaran yang dapat ditoleransi oleh spesies tersebut, inilah yang disebut dengan hukum toleransi.[3] Misalnya: Panda memiliki toleransi yang luas terhadap suhu, namun memiliki toleransi yang sempit terhadap makanannya, yaitu bambu.[1] Dengan demikian, panda dapat hidup di ekosistem dengan kondisi apapun asalkan dalam ekosistem tersebut terdapat bambu sebagai sumber makanannya.[1] Berbeda dengan makhluk hidup yang lain, manusia dapat memperlebar kisaran toleransinya karena kemampuannya untuk berpikir, mengembangkan teknologi dan memanipulasi alam. dalam bahasa Madura????​


Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.


11. 4tempatnya dan memberMembuat terasering, yaitu membentuk tanarmencegah erosi tanahharus diikuti dengan tanggung jawab untuk menjaga kelestarian alam dan keseimbaKita boleh memanfaatkan potensi alam secara maksimal, tetapi pemanlaalamasyarakat. Semua orang wajib ikut serta dalam usaha pelestarian lingkunganlingkungan. Tanggung jawab menjaga kelestarian alam adalah tanggung jawab s-dengan kapasitas dan kemampuannya masing-masing.Ayo Berlatih1. Apa yang harus kita lakukan terhadap sumber daya alamn?Jawab:2. Sebutkan contoh interaksi manusia dengan lingkungan!Jawab:3. Apa dampak terhadap manusia akibat kerusakan lingkungan?Jawab:4. Sebutkan upaya yang harus dilakukan untuk melestarikan lingkungan!Jawab:5. Apa manfaat menjaga kelestarian sumber daya alam?Jawab:u Siswa Kelas 4 SD/MI Semester Ganjil​


Jawaban:

1. Menjaga kelestariannya / menggunakanya secukupnya saja tidak berlebihan

2.Menanam pohon

3.Terjadinya pencemaran

4.Menanam pohon,membuang sampah pada tempatnya,menghemat penggunaan listrik

5.Mengurangi kepunahanya sumber daya alam (SDA)

Penjelasan:

MAAFKALAUSALAH

Jawaban:

1. gunakan sebaik baiknya dan jangan boros

2. menyiram tanaman

reboisasi

3. lingkungan tercemar

lingkungan akan rusak

4. menanam pohon

menyiram tanaman

5. sumber daya alam akan terjaga

Penjelasan:

maaf kalo salah


12. 1. Perhatikan pantun berikut!Pagi hari makan buahMakan buah bersama kawanPenyakit itu dapat dicegahAsalkan disiplin menjaga kesehatanMakna yang terkandung dalam pantuntersebut adalaha. ajakan untuk makan buahb. ajakan makan buah bersamaC. ajakan untuk makan pagid. ajakan untuk mencegah penyakit(Bahasa Indonesia KD 3.6)2. Lingkungan yang terbentuk secaraalamiah tanpa campur tangan manusiadisebuta. lingkungan alamb. lingkungan sosialc. lingkungan budayad. interaksi sosial(IPS KD 3.2)3. Contoh interaksi manusia denganlingkungan alam adalahseorang dokter memeriksa pasien-nyab. seorang menolong temannya yangjatuhc. seorang petani menanam padi disawahd. seorang siswa bertanya kepadagurunya(IPS KD 3.24. Sifat yang dapat menghambat kegiatanmusyawarah adalah ....a. egoisb. kekeluargaantoleransid. lapang dada(PPKn KD5. Hak untuk mengemukakan penddimiliki oleha. pengurus sajab. ketua dan wakil ketuac. dewan penasihat sajad. seluruh peserta rapat(PPKOC.​


Jawaban:

1.D

2.A

3.C

4.A

5.D

Penjelasan:

MAAF KALAU TIDAK TEPAY JAWABANNYA

Jawaban:

1. D

2. A

3. C

4. A

5. D

Penjelasan:

1. Jelas pada isi pantun ada kata "penyakit dapat dicegah" itu berarti pantun tersebut mengajak untuk mencegah penyakit.

2. Lingkungan yang terbentuk secara alamiah berarti lingkungan alam.

3. Interaksi manusia dengan alam sama seperti seorang petani yang sedang menanam padi.

4. Sifat egois akan menghambat jalannya musyawarah karena hanya mau menang sendiri tapi tidak mau mendengar pendapat orang lain.

5. Hak untuk mengemukakan pendapat jelas dimiliki oleh seluruh peserta rapat.


13. 1. Perhatikan pantun berikut!a. seorang dokter memeriksa pasien-Pagi hari makan buahnyaMakan buah bersama kawanseorang menolong temannya yangPenyakit itu dapat dicegahjatuhAsalkan disiplin menjaga kesehatanc. seorang petani menanam padi diMakna yang terkandung dalam pantunsawahtersebut adalah ....seorang siswa bertanya kepadaa ajakan untuk makan buahgurunyabajakan makan buah bersama(IPS KD 3.2)c. ajakan untuk makan pagiSifat yang dapat menghambat kegiatand ajakan untuk mencegah penyakitmusyawarah adalah ....(Bahasa Indonesia KD 3.6)a. egois2. Lingkungan yang terbentuk secarab. kekeluargaanalamiah tanpa campur tangan manusiac. toleransidisebut....d. lapang dadaa lingkungan alam(PPKn KD 3.2)b. lingkungan sosial5. Hak untuk mengemukakan pendapatc. lingkungan budayadimiliki olehd. interaksi sosiala. pengurus saja(IPS KD 3.2)b. ketua dan wakil ketua3. Contoh interaksi manusia denganc. dewan penasihat sajalingkungan alam adalah ....d. seluruh peserta rapat(PPKn KD 3.2)​


Males jawab hehehehehehehehhe

14. 1. Pada awalnya interaksi manusia dengan alam bersifat alami. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut! 2. Jelaskan perbedaan bentuk interaksi manusia dengan lingkungan yang terjadi dimasyarakat tradisional dan modern! 3. Apakah perbedaan antara kewajiban dan tanggung jawab? Berikan contohnya! 4. Pantun yang berisi hal hal yang bikin ketawa disebut a. Pantun nasihat b. Pantun teka teki c. Pantun agama d. Pantun kanak kanak 5. Melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya adalah wujud a. Hak b. Tanggung jawab c. Kewajiban d. Moral 6. Kita harus melakukan hak dan kewajiban dengan.. 7. Ikut serta menjaga keamanan negara termasuk ... warga negara Plis dijawab semua..


Jawaban:

1.

yaitu interaksi antara manusia dilakukan secara alamih. Tapi seiring perkembangan modren dengan adanya yg disebut dengan teknologi manusia tidak lagi melakukan pekerjaan secara alami manusia melakukan nya dengan ada nya teknologi yg canggih.

2.

#masyarakat tradisional: masih membutuhkan bantuan orang lain dalam pekerjaan karena teknologi di sana sangat terbatas

#masyarakat modern: kecanggihan teknologi menyediakan kemudahan bagi banyak orang di sanainteraksi masyarakat di

3.

KEWAJIBAN, adalah segala sesuatu yang harus kita lakukan dengan penuh tanggung jawab. Contohnya BELAJAR, DATANG KE SEKOLAH, MENGIKUTI UPACARA BENDERA.

TANGGUNG JAWAB, adalah sikap kita dalam melaksanakan kewajiban dengan tekad penuh dan sebaik mungkin. Contohnya BELAJAR DENGAN GIAT DAN TEKUN, DATANG KE SEKOLAH TEPAT WAKTU, MENGIKUTI UPACARA BENDERA MENGGUNAKAN SERAGAM LENGKAP DAN KHIDMAT.

4.

d. Pantun kanak kanak (pantun jenaka)

5.

b. Tanggung jawab

6.

penuh tanggung jawab.

7.

kewajiban


15. 21. Bentuk interaksi manusia dibawah ini yang memiliki dampak buruk pada lingkungan adalah .... * a. Perternakan b. Perkebunan c. pertambangan d. perikanan 22. Mengapa manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan alam? * a. Karena alam yang paling membutuh manusia b. Karena manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam c. Karena manusia harus menghabiskan semua yang ada d. Karena alam mendapatkan kebutuhan hiidupnya dari manusia 23. Mengadakan pertunjukkan seni tari-tarian daerah di sekolah merupakan pembangunan di bidang.... * a. ekonomi b. sosial budaya c. sosial ekonomi d. pengetahuan dan teknologipsi 24.Banyak pohon menggugurkan daunnya selama musim kemarau panjang adalah contoh hubungan lingkungan ... memengaruhi lingkungan.... * a. biotik - abiotik b. biotik -biotik c. abiotik - biotik d. abiotik - abiotik 25. Bentuk interaksi yang ditunjukkan dalam gambar merupakan interaksi.... * Captionless Image a. sosial budaya b. ekonomi c. pengetahuan d. penjualan 26. Dalam berinteraksi harus ada.... * a.individu b. kelompok c. timbal balik d.searah 27. Interaksi menimbulkan keinginan untuk meniru orang lain yang disebut... * a. adopsi b. imitasi c. simpati d. persuasi 28. Interaksi yang terjadi antara manusia dan lingkungan alam harus berjalan harmonis. Untuk menciptakan interaksi yang harmonis, manusia sebaiknya .... * a. meningkatkan penemuan di bidang teknologi pertanian b. mengeksploitasi alam sebesar-besarnya c. membiarkan lingkungan alam tanpa memanfaatkan d. memanfaatkan lingkungan alam secara bijaksana 29. Dilingkungan manapun setiap orang tidak akan dapat menghindari interaksi. dilingkungan sosial. diligkungan masyarakat, dilingkunagn ekonomi akan terjadi komunikasi.. Mengapa bisa terjadi interaksi antar sesama manusia? * a. karena manusia makhlukmindividual b. karena manusia makhluk istimewa c. karena manusia mahluk sosial d. karena manusia makhluk masyarakat 30. Berikut ini ointeraksi manusia yang mendominasi alam. ekssplorasi yang merugikan lkecuali.. * a. penebangan liar b. penggalian pasir disungai c. pembukaan lahan baru dengan membuka hutan d. reboisasi 31. dalam berinteraksi ada keinginan untuk mempengaruhi orang lain yang disebut... * a. adaptasi b. sugesti c. imitasi d.simpati 32. Perilaku yang menunjukkan interaksi yang baik/positif dengan lingkungan alam adalah ... . * a. menyiram tanaman menggunakan air bekas cuci piring b. menggambar di batang pohon menggunakan cat semprot c. menanam tanaman padi sebagai salah satu sumber makanan d.menebang pohon sebanyak-banyaknya untuk dijadikan bahan dasar bangunan1 33. Masyarakat pesisir memanfaatkan panas matahari untuk mengeringkan ikan menjadi ikan asin yang dapat dijual. Aktivitas tersebut merupakan wujud pembangunan dibidang . . . . * a. sosial b. ekonomi c. budaya d. pendidikan 34. Dampak negatif/tidak baik dari interaksi manusia dengan lingkungan alam adalah … * a. kebutuhan manusia terpenuhi b. sebagai tempat rekreasi c. bertambahnya polusi udara d. terjaga keaslian alam 35.. Suatu cara mencapai keselarasan dalam keragaman hubungan sosial ialah dengan … * a. Bertindak adil b. Mengembangkan toleransi c. Mencela orang lain d. Memberi penghargaan kepada orang yang lebih penting ….. 36. Tingkat produktivitas suatu daerah akan menjadi lebih tinggi jika pada daerah tersebut memiliki ... * a. Jumlah penduduk yang kaya b. Jumlah rumah yang banyak c. Jumlah lelaki yang lebih banyak d. Jumlah sumber daya alam yang melimpah 37. Contoh interaksi sosial karena adanya kepentingan bidang budaya adalah ... * a. Bu Mira mendatangi toko Ratu untuk membeli pakaian b. Pak Bagus dan Pak Rudi sedang rapat membahas program pemerintah c. Para warga berkumpul bersama untuk menonton pagelaran wayang kulit d Santi dan Dina sedang mengaji bersama di rumah Pak Ahmad 38. Sumber daya ekonomi untuk interaksi manusia dengan lingkungan ekonomi merupakan suatu hal yang penting. Sumber daya ekonomi tersebut digunakan untuk ... * a. Menarik investor b. Memperkaya pribadi c. Memenuhi kebutuhan d. Mendapatkan keuntungan 39. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini! (1) Menjaga kerukunan (2) Menciptakan kedamaian (3) Menciptakan permasalahan (4) Menciptakan keharmonisan Tujuan menjaga interaksi yang baik antarwarga di desa ditunjukkan oleh nomor ... (1), (2), dan (3) (1), (2), dan (4) (1), (3), dan (4) (2), (3), dan (4) 40. Sebagai pelajar sebaiknya kita menyikapi segala bentuk perubahan sosial dan budaya dengan sikap ... . * a. Berprasangka buruk terhadap segala bentuk pengaruh kebudayaan. b. Menerima setiap perubahan tanpa terkecuali c. Masa bodoh terhadap setiap pengaruh perubahan. d. Kritis dan terbuka dengan memfilter segala bentuk perubahan


Jawaban:

21.c

22.b

23.b

26.a

27.

28.d

29.c

30.d

31.a

32.c

33.b

34.b

35.a

Penjelasan:

maaf itu aja yg saya jwb


16. 1. Lingkungan alam merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup karena alam menyediakan ... . *5 poinA. Semua kebutuhan manusiaB. Semua kebutuhan makhluk hidupC. Berbagai jenis tumbuhan dan hewanD. Tanah subur yang dapat dimanfaatkan oleh manusia2. Kegiatan berikut yang termasuk interaksi manusia dengan budaya, kecuali ... . *5 poinA. Bermain game di komputerB. Belajar di sanggar lukisC. Menyanyikan lagu daerahD. Memainkan wayang kulit3. Perhatikan pernyataan berikut ini :1. Mencintai bahasa persatuan bangsa, bahasa Indonesia. 2. melestarikan batik Indonesia.3. Melestarikan budaya asing.4. Mengembangkan dan mendalami bahasa asing.Upaya pembangunan ekonomi dan sosial budaya masyarakat Indonesia ditunjukkan oleh nomor ... . *5 poinA. 1 dan 2B. 1 dan 3C. 2 dan 3D. 2 dan 44. Interaksi sosial terjadi dalam kehidupan masyarakat karena manusia merupakan ... . *5 poinA. Makhluk politikB. Makhluk individuC. Makhkuk budayaD. Makhluk sosial5. Hasil dari kegiatan interaksi siswa dengan lingkungan sekitar dalam menjaga kebersihan kelas adalah ... . *5 poinA. Mendapatkan perhatian dari guruB. Mendapatkan banyak temanC. Mendapatkan kenyamanan dalam belajarD. Mendapatkan nilai yang bagus6. Hubungan-hubungan sosial yang menyangkut antarindividu, antarkelompok, atau antara individu dengan kelompok untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut ... . *5 poinA. Kegiatan ekonomiB. Makhluk sosialC. Interaksi sosialD. Keberagaman masyarakat7. Berikut ini yang bukan termasuk interaksi sosial berdasarkan lingkungan alam sekitar adalah ... . *5 poinA. Manusia hidup dekat dengan sumber makananB. Nelayan berlayar dengan menyesuaikan keadaan cuacaC. Petani membajak sawahD. Berpamitan dengan ayah dan ibu8. Dalam proses pembentukan interaksi sosial, terdapat syarat mendasar yang dapat menciptakan hubungan sosial tersebut, yaitu ... . *5 poinA. Kontak sosial dan bahasa isyaratB. Kontak sosial dan komunikasiC. Kontak sosialD. Komunikasi9. Aktivitas masyarakat yang mencerminkan pembangunan sosial untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat desa adalah ... . *5 poinA. Membentuk koperasi simpan pinjamB. Mengadakan program perpustakaan desaC. Menyelenggarakan acara piknik bersamaD. Mengadakan penyuluhan bahaya narkoba10. Salah satu upaya mempertahankan sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari adalah . . . . *5 poinA. PertanianB. KesehatanC. Gotong royongD. Olahraga11. Kegiatan manusia di bawah ini yang tidak berdampak buruk bagi alam adalah …. *5 poinA. Mencari ikan menggunakan bahan peledakB. Membakar hutan untuk membuka lahan perkebunanC. Menebar racun di sungai untuk menangkap ikanD. Membuat terasering di lahan perbukitan12. Indonesia adalah negeri yang memiliki keberagaman yang tinggi, maka salah satu sikap yang perlu kita punyai dalam berinteraksi di masyarakat adalah ….5 poinA. Sikap toleransiB. Sikap egoisC. Sikap kapitalisD. Sikap menang sendiri13. Segala aktivitas sosial ekonomi yang dilakukan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan sosial merupakan pengertian dari ... . *5 poinA. Pembangunan sosialB. Interaksi sosialC. Makhluk sosialD. Kebudayaan sosia14. Interaksi sosial sangat penting untuk kehidupan, sebab … *5 poinA. Manusia bisa hidup menyendiriB. Manusia butuh pasangan hidupC. Manusia tidak bisa hidup sendiriD. Manusia harus berbicara15. Ketika Pemilihan Umum berlangsung terjadi persaingan antar Partai yang berpartisipasi. Hal ini termasuk interaksi sosial yang menyangkut hubungan … *5 poinA. Kelompok dengan alamB. Individu dengan kelompokC. Antar individuD. Kelompok dengan kelompok16. Di bawah ini yang merupakan dampak positif dari pembangunan adalah ... . *5 poinA. Kesenjangan sosial kaya dan miskinB. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologiC. Nilai budaya akan semakin pudarD. Masyarakat mulai menerapkan pola hidup mewah17. Untuk mewujudkan pembangunan, maka langkah yang bisa ditempuh adalah ... . *5 poinA. Memusatkan lapangan pekerjaan di perkotaan sajaB. Membangun sistem pendidikan yang majuC. Membuka lahan-lahan baru di pedalaman hutanD. Membuka kesempatan besar-besaran masyarakat luar negeri untuk bekerja di dalam negeri18. Pembangunan sosial di Indonesia akan terwujud apabila ada kerjasama antara …. *5 poinA. Pihak pemerintah dan semua lapisan masyarakatB. Pihak pemerintah dengan luar negeriC. Pihak swasta dan PemerintahD. Semua lapisan masyarakat19. Di bawah ini merupakan contoh bentuk interaksi sosial adalah …. *5 poinA. Membaca buku dikamarB. Menonton televisiD. Mendengarkan radioD. Kegiatan jual beli di pasar20. Interaksi manusia yang hidup di daerah pantai adalah . . . . *5 poinA. BertaniB. BeternakC. Menyewakan ban atau pelampungD. Berkebun


1.A

2.A

3.A

4.D

5.C

6.A

7.D

8.B

9.A

10.C

11.D

12.A

13.B

14.C

15.D

16.B

17.B

18.A

19.D

20.C

Maaf kalau salah


17. 1. Gejala alam yang tertera dibawah ini terjadi akibat adanya tenaga eksogen, kecuali...a. Erosi oleh air sungaib. Hancurnya pantai oleh gelombang lautc. Terbentuknya kawah pegunungand. Pecahnya batuan oleh tekanan suhue. Larutnya batuan kapur oleh air hujan2. Sebuah interaksi yang terjadi di lingkungan alamiah dan sekitarnya membentuk...a. Ekologib. Ekosistemc. Biosferd. Siklus ekosisteme. Rantai makanan3. Berikut ini yang termasuk komponen abiotik adalah...a. Hewanb. Tumbuhanc. Tanahd. Manusiae. Organisme4. Yang termasuk lingkungan abiotik dibawah ini adalah...a. Udara, tanah, airb. Udara, tanah, tanamanc. Tanah, air, dan hewand. Tanaman, hewan, aire. Tanah, batu-batuan, ikan5. Sebagian besar hutan di Indonesia termasuk hutan tropis, yang memiliki sifat....a. pohonnya sama tinggib. daunnya kecil-kecilc. sinar matahari dapat masuk ke daerah hutand. tidak terdapat pohon panjate. hutannya lebat dan selalu berdaun hijau 6. Derajat kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia di tempat dan waktu tertentu disebut...a. Kualitas kehidupan manusiab. Kualitas lingkungan alam semestac. Kualitas lingkungan kitad. Kualitas lingkungan binaane. Kualitas lingkungan hidup7. Ekosistem hutan bakau berkembang di...a. Daerah hutan basahb. Daerah lahan gambutc. Daerah hutan tropisd. Daerah pantaie. Daerah hutan musim8. Salah satu contoh tindakan pelestarian lingkungan yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah adalah...a. Melakukan penelitianb. Membuat taman sekolahc. Membuang sampah pada tepatnyad. Melaksanakan piket kelase. Ikut aktif kajian lingkungan9. Banjir di Jakarta adalah contoh dari rusaknya daya dukung lingkungan, dalam hal...a. kurangnya sungaib. kurangnya saluran air limbah rumah tanggac. kurang maksimalnya tata ruang kotad. kurangnya daerah serapan aire. kurang disiplinnya warga dalam menjaga kebersihan10. Terjadinya erosi adalah salah satu kerusakan alam yang diakibatkan oleh...a. Gempa bumib. Ulah manusiac. Hujand. Pembalakane. Ladang berpindah 11. Hujan asam di sebabkan oleh kandungan asam yang ada di udara sangat besar sehingga pada saat hujan, terbawa oleh hujan! biasanya hujan asam terjadi di...a. Daerah hutan asamb. Pemukiman padatc. Daerah pesisir pantaid. Daerah kawasan industrie. Daerah kali urang12. Salah satu tindakan rehabilitasi hutan alam dan tanah kritis adalah...a. Tebang pilihb. Pemupukan masalc. Menambah hutan suakad. Reboisasi dan konsevasi tanahe. Menjaga keamanan hutan13. Istilah yang tepat untuk jenis sumber daya yang berasal dari ikan adalah...a. Sumber daya manusiab. Sumber daya hewanic. Sumber daya nabatid. Sumber daya hayatie. Sumber daya alam14. Faktor utama terjadinya krisis lingkungan adalah...a. Pemakaian teknologib. Meningkatnya gas-gas rumah kacac. Meningkatnya jumlah macam kebutuhan hidupd. Ledakan penduduke. Tedapat lubang di lapisan ozon15. Kebun raya Bogor merupakan salah satu contoh perlindungan...a. Alam terbimbingb. Alam nasionalc. Alam ketatd. Taman nasionale. Alam botani16. Perlindugan alam antropologi dilakukan untuk melindungi...a. Suku bangsa tertentub. Hewan tertentuc. Tumbuhan tertentud. Hewan dan tanaman tertentue. Kondisi kehutanan17. Pencemaran suara tidak disebabkan karena suara...a. Mobilb. Kereta apic. Pesawat udarad. Pesawat jete. Sepeda 18. Pencemaran tanah terjadi karena hal berikut, kecuali...a. Adanya zat-zat yang tidak dapat diuraikanb. Zat cair yang berbahaya tidak larut di airc. Bungkus makanan dari daun pisangd. Ampas kimia yang berbahayae. Plastik bekas19. Konservasi memiliki tujuan...a. Pemanfaatan lingkungan untuk pembangunanb. Pengelolaan lingkungan agar dapat dimanfaatkan sepuasnyac. Perlindungan sumber daya alam agar lestarid. Untuk mengumpulkan berbagai jenis hewan dan tumbuhan dalam suatu tempate. Sebagai upaya membudidayakan flora dan fauna untuk dimanfaatkan20. Pembangunan berkelanjutan adalah...a. pembangunan yang tidak memperhatikan kelestarian lingkunganb. pembangunan yang selalu memperhatikan kelestarian lingkungan hidupc. pembangunan yang lebih mengedepankan kemewahand. pembangunan dibantaran sungaie. pembangunan didaerah resapan air21. Usaha untuk menjaga kelestarian air tanah dilingkungan kita dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali...a. Mengurangi penggunaan air tanah bagi kegiatan industrib. Mencegah kepadatan penduduk yang tinggic. Membuat peraturan penggunaan air tanahd. Mencegah kerusakan hutane. Pelaksanaan AMDAL diperlonggar​


Jawaban:

jawaban no 1C

............,

Jawaban:

2.b

3.c

4.a

5.e

6.e

7.d

8.b

9.e

10.b

11.d

12.d

13.b

17.e

18.b

19.c

21.e

Penjelasan:

Maaf kalu salah


18. 1. Syarat terjadinya interaksi sosial yaitu adanya kontak dan... * a. perilaku b. motivasi c. komunikasi d. tindakan 2. Suatu interaksi antar manusia dapat terjadi apabila terjadi hal-hal dibawah ini, kecuali terjadi kontak terjadi hubungan tidak langsung tidak ada respon ada respon antar individu yang saling berhubungan 3. Hubungan timbal balik antara individu dengan individu, antara individu dengan kelompok manusia, maupun antara kelompok dengan kelompok lainnya disebut …. * a. Status sosial b. Peran sosial c. Interaksi sosial d. Proses social 4. Salah satu tujuan dari proses interaksi sosial adalah…. * a. Membuat kita menjadi seorang yang manja b. Membuat kita menjadi seorang yang malas c. Membuat kita menjadi seorang yang suka membantu teman ketika mengalami musibah d. Membuat kita menjadi seorang yang acuh dan tidak mau membantu teman ketika mengalami musibah 5. Seorang bayi yang baru lahir,ia akan melakukan kontak sosial dengan ibunya.itu merupakan salah satu contoh bentuk kontak sosial antara... * a. Kelompok b. Orang perorang c. Perorangan dengan kelompok d. Kelompok dengan kelompok 6. Pertandingan basket antar kelas, termasuk interaksi * a. antar individu b. individu- kelompok c. kelompok-individu d. antar kelompok 7. Ruang yang ditempati makhluk hidup dan tak hidup disebut * a. lingkungan b. rumah c. habitat d. wilayah 8. Pernyataan berikut yang bukan merupakan contoh tindakan sosial adalah ..... * a. Fani mengkhayalkan tokoh idolanya b. Dodi mengikuti pertandingan sepak bola c. Ratri membantu ibu menjaga adik d. Raisya berlari mengejar Nia 9. Bentuk interaksi manusia dengan lingkungan adalah .... * a. kerja bakti di desa b. dua tim voli bertanding c. guru mengajar di kelas d. belajar kelompok 10. Contoh interaksi sosial yang mengarah ke persatuan adalah .... * a. menanam pohon b. kerja bakti c. berkelahi d. tawuran 11. Manusia disebut sebagai makhluk sosial karena .... * a. dapat hidup sendiri b. tidak suka berteman c. membutuhkan bantuan orang lain d. tidak membutuhkan bantuan orang lain 12. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini! * (1) Menjaga kerukunan. (2) Menciptakan kedamaian. (3) Menciptakan permasalahan. (4) Menciptakan keharmonisan. Tujuan menjaga interaksi yang baik antarwarga di desa ditunjukkan oleh nomor .... a. (1), (2), dan (3) b. (1), (2), dan (4) c. (1), (3), dan (4) d. (2), (3), dan (4) 13. Berikut ini yang bukan contoh interaksi sosial adalah .... * a. kegiatan gotong royong b. membeli barang di pasar c. bermain video game sendirian d. membantu orang lain yang kesulitan 14. Perhatikan aktivitas berikut ini! Perhatikan aktivitas berikut ini! (1) Kegiatan mengirim barang. (2) Kegiatan membeli barang. (3) Kegiatan tawar menawar. (4) Belajar di kamar. Contoh interaksi masyarakat dalam aktivitas ekonomi ditunjukkan oleh nomor .... a. (1), (2), dan (3) b. (1), (2), dan (4) c. (1), (3), dan (4) d. (2), (3), dan (4) 15. Perhatikan contoh interaksi berikut ini! * Perhatikan contoh interaksi berikut ini! (1) Pemilihan ketua kelas. (2) Membantu ibu memasak. (3) Ronda malam. (4) Kerja bakti. Contoh interaksi sosial di lingkungan sekolah ditunjukkan oleh nomor .... a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) 16. Belajar di rumah bersama kakak termasuk contoh bentuk interaksi .... * a. kelompok dengan kelompok b. individu dengan kelompok c. antarindividu d. manusia dengan lingkungan 17. Gambar di bawah menunjukkan adanya.. * Captionless Image a. Interaksi b, Imitasi c. Simpati d. Sugesti 18. Interaksi yang terjadi antara manusia dan lingkungan alam harus berjalan harmonis. Untuk menciptakan interaksi yang harmonis, manusia sebaiknya .... * a. meningkatkan penemuan di bidang teknologi pertanian b. mengeksploitasi alam sebesar-besarnya c. membiarkan lingkungan alam tanpa memanfaatkan d. memanfaatkan lingkungan alam secara bijaksana 19. Seorang petani bercocok tanam menyesuaikan dengan kondisi alam dan cuaca. interaksi ini disebut.. * a. eksplorasi b. eksploitasi c. adaptasi d. perpuasi 20. Bentuk interaksi manusia dibawah ini yang berdampak merusak lingkungan adalah .... * a. Membuang sampah di sungai b. Menanam padi di sawah c. Memelihara ikan di tambak d. Menangkap ikan


Jawaban:

1.C

2.Tidak ada respon

3.C

4.C

5.B

6.D

7.A

8.A

9.A

10.B

11.C

12.B

13.C

14.A

15.A

16.C

17.A (mungkin gak ada gambarnya mas)

18.D

19.C

20.A


19. tolong bantu kak1.Contoh interaksi sosial yang mengarah ke persatuan adalah ....a. menanam pohon b. kerja bakti c. berkelahid. tawuran2. Berikut ini yang termasuk interaksi sosial dalam masyarakat adalah ....a. pemilihan ketua OSIS b. kegiatan piket kelasc. kerja baktid. beribadah3. Manusia disebut sebagai makhluk sosial karena ....a. dapat hidup sendiri b. tidak suka berteman c. membutuhkan bantuan orang laind. tidak membutuhkan bantuan orang lain4. Berikut ini manfaat dari interaksi sosial yang tepat adalah ....a. menciptakan konflik antarwarga b. memupuk persatuan dan kesatuanc. menumbuhkan sikap acuh tak acuhd. mempercepat terjadinya dominasi sosial5. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!(1) Menjaga kerukunan.(2) Menciptakan kedamaian.(3) Menciptakan permasalahan.(4) Menciptakan keharmonisan.Tujuan menjaga interaksi yang baik antarwarga di desa ditunjukkan oleh nomor ....a. (1), (2), dan (3) b. (1), (2), dan (4)c. (1), (3), dan (4)d. (2), (3), dan (4)6. Interaksi yang terjadi antara manusia dan lingkungan alam harus berjalan harmonis. Untuk menciptakan interaksi yang harmonis, manusia sebaiknya ....a. meningkatkan penemuan di bidang teknologi pertanianb. mengeksploitasi alam sebesar-besarnyac. membiarkan lingkungan alam tanpa memanfaatkand. memanfaatkan lingkungan alam secara bijaksana7. Saat kita berbelanja di pasar, kita berkomunikasi dengan penjual dan banyak orang lainnya. Ini membuktikan bahwa manusia sedang berinteraksi dengan lingkungan ....a. sendiri b. alam c. buatand. sosial8. Faktor pendorong keberhasilan dalam pembangunan adalah ....a. jumlah manusia yang makin banyak b. tingkat pendidikan yang terbatasc. kualitas sumber daya manusiad. kemiskinan yang merajalela9. Berikut ini yang bukan contoh interaksi sosial adalah ....a. kegiatan gotong royong b. membeli barang di pasar c. bermain video game sendirian d. membantu orang lain yang kesulitan10. Perhatikan contoh pendidikan berikut ini!(1) Seminar(2) Diskusi panel(3) Perguruan tinggi(4) Sekolah dasarBentuk pendidikan informal ditunjukkan oleh nomor ....a. (1) dan (2) b. (1) dan (3) c. (2) dan (3)d. (2) dan (4)11. Perhatikan aktivitas berikut ini!(1) Kegiatan mengirim barang.(2) Kegiatan membeli barang.(3) Kegiatan tawar menawar.(4) Belajar di kamar.Contoh interaksi masyarakat dalam aktivitas ekonomi ditunjukkan oleh nomor ....a. (1), (2), dan (3) b. (1), (2), dan (4) c. (1), (3), dan (4)d. (2), (3), dan (4)12. Berikut ini yang bukan aktivitas masyarakat di daerah pantai adalah ....a. menangkap ikan b. membuat garam c. membuat ikan asind. menggembala sapi13. Faktor ekonomi yang memengaruhi jalannya usaha atau kegiatan ekonomi disebut lingkungan ....a. ekonomi b. budaya c. sosiald. masyarakat14. Sumber daya ekonomi untuk interaksi manusia dengan lingkungan ekonomi merupakan suatu hal yang penting. Sumber daya ekonomi tersebut digunakan untuk ....a. menarik investor b. memenuhi kebutuhan c. menarik wisatawan asingd. mendapatkan keuntungan15. Perhatikan contoh interaksi berikut ini!(1) Pemilihan ketua kelas.(2) Membantu ibu memasak.(3) Ronda malam.(4) Kerja bakti.Contoh interaksi sosial di lingkungan sekolah ditunjukkan oleh nomor ....a. (1) b. (2) c. (3)d. (4)16. Hubungan antara penjual dan pembeli dalam suatu transaksi jual beli merupakan salah satu bentuk interaksi di bidang ....a. politik b. sosial budaya c. ekonomid. pendidikan17. Belajar di rumah bersama kakak termasuk contoh bentuk interaksi ....a. kelompok dengan kelompok b. individu dengan kelompok c. antarindividud. manusia dengan lingkungan18. Pak Yadi siang ini akan bertemu Pak Joni untuk menjual hasil panen miliknya. Berdasarkan hal tersebut maka interaksi sosial yang terjadi dikarenakan adanya kepentingan dalam bidang ....a. sosial b. ekonomi c. budayad. pendidikan19. Tingkat produktivitas suatu daerah akan menjadi lebih tinggi jika pada daerah tersebut memiliki ....a. jumlah penduduk yang kayab. jumlah rumah yang banyakc. jumlah lelaki yang lebih banyakd. jumlah sumber daya alam yang melimpah20. Contoh interaksi sosial karena adanya kepentingan bidang budaya adalah ....a. Bu Ratna mengunjungi toko Makmur untuk membeli pakaianb. Pak Bagus dan Pak Rudi sedang rapat membahas program pemerintahanc. Para warga berkumpul bersama untuk menonton pagelaran wayang kulitd. Fina dan Lia sedang mengaji bersama di rumah Ustadz Danu​


Jawaban:

1.b.

2.c

3.c

4.b

5.b

6.d

7.d

8.c

9.c

10.a

11.a

12.d

13.c

14.a

15.a

16.c

17.c

18.b

19.d

20.c

Penjelasan:

Semoga membantu Follow ya >w<


20. dengan jawaban yang tepatsebutkan 3 keberagaman budaya di lingkungan masyarakat2 Sebutkan 3 contoh ciri-ciri iklan yang baik3 Sebutkan judul dari iklan di bawah ini4 Sebutkan 3 contoh bentuk interaksi manusia dengan lingkungan terhadap pembangunanekonomi di lingkungan sekitar tempat tingga5. Sebutkan 3 bagian dari lambung sapi6. Sebutkan 3 contoh keragaman sosial budaya di lingkungan sekolah7 Sebutkan 3 contoh jenis iklan elektronik8. kalimat poster yang menarik untuk anjuran menjaga kebersihan kelas adalah9 Norma kesopanan atau adat istiadat antara masyarakat yang satu dengan yang lain berbeda-beda, namun memiliki tujuan yang sama, yaitu mewujudkan10. Sebutkan 3 cara pertolongan pertama ketika mengalami gejalan diare​


Jawaban:

2.memakai kata yg mudah dipahami,memakai judul iklan,dan menarik perhatian orang agar beli

maaf gak semuanya


Video Terkait


Comments