Suatu Bahan Makanan Ketika Diuji Dengan Biuret Memunculkan Warna Ungu Ketika Diuji Dengan Lugol


Suatu Bahan Makanan Ketika Diuji Dengan Biuret Memunculkan Warna Ungu Ketika Diuji Dengan Lugol

Suatu bahan makanan ketika diuji dengan biuret memunculkan warna ungu ketika diuji dengan lugol

Daftar Isi

1. Suatu bahan makanan ketika diuji dengan biuret memunculkan warna ungu ketika diuji dengan lugol


Jawaban:

Makanan yang diuji dengan biuret memunculkan warna ungu adalah telur, sebab maknan ini mengandung protein.


2. suatu bahan makanan di uji dengan biuret memunculkan warna ungu ketika di uji dengan lugol tidak memunculkan warna. Mengandung bahan apakah makanan tersebut?​


Jawaban:

bahan yang terkandung adalah bahan yang larut dalam asam skuloga.


3. Suatu bahan makanan ketika diuji dengan biuret memunculkan warna ungu ketika diuji dengan lugol tidak. Apakah jenis bahan makanan tersebut ?


Jawaban:

dengan biuret berwarna ungu tetapi dengan lugol tidak maka makanan tersebut mengandung protein

semoga membantu dan jangan lupa utk follow


4. suatu bahan makanan ketika diuji dengan biuret memunculkan warna ungu, ketika diuji dengan lugol tidak ada perubahan warna, dan ketika diuji dengan benedick memunculkan warna merah bata. Mengandung bahan apakah makanan tersebut ?


jawabannya karbohidrat mengandung protein dan glukosa...

5. Suatu bahan makananketika di uji dengan biuret memunculkan warna ungu,ketika di uji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna,dan ketika di uji dengan benedick memunculkan warna merah bata.mengandung bahan apakah makanan tersebut?


Mengandung protein dan glukosa

6. suatu bahan makanan ketika diujiSuatu bahan makanan ketika diuji dengan biuret memunculkan warna ungu ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubahan


bahan makanan tersebut mengandung protein dan tidak mengandung amilum


7. suatu bahan ketika diuji dengan biuret memunculkan warna ungu,ketika di uji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna,dan ketika diuji dengan benedict memunculkan warna merah bata.mengandung bahan apakah makanan tersebut?.berikan contoh makanan tersebut


Mengandung glukosa dan protein.. contoh: susuBahan makanan tersebut Mengandung protein dan glukosa, contohnya kacang2an dan biji2an

8. Suatu bahan makanan ketika diuji dengan Biuret memunculkan warna ungu, ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna, dan ketika diuji dengan Binedict memunculkan warna merah bata. Mengandung bahan apakah makanan tersebut?


Biuret menjadi ungu berarti mengandung protein. Benedict merah bata berarti mengandung glukosa.

9. Suatu bahan makanan ketika diuji dengan biuret memunculkan warna ungu,ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubhana.Menganding bahan apakah makanan tersebut?


Mengandung protein Dan berrubah menjadi warna merah bata

10. suatu bahan makanan ketika diuji dengan biuret memunculkan warna ungu, ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna, dan ketika diuji dengan benedict memunculkan warna merah bata. mengandung bahan apakah makanan tersebut


A. Biuret ( mengandung protein )
Contoh : telur
B. Benedict ( mengandung gula )
Contoh : singkong

11. Suatu bahan makanan ketika diuji dengan biuret memunculkan warna ungu ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna dan ketika diuji dengan benedict memunculkan warna merah bata


Diuji dengan BIURET kemudian muncul warna ungu, dengan demikian makanan tersebut mengandung PROTEIN.

Diuji dengan BENEDICT kemudian muncul warna merah bata, dengan demikian maka makanan tersebut mengandung gula.

Diuji dengan LUGOL dan tidak ada perubahan warna, maka makanan tersebut tidak mengandung amilum, glikogen atau selulosa.

[tex]semoga \: membantu [/tex]


12. Suatu bahan makanan ketika diuji dengan biuret memunculkan warna ungu, ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna, dan ketika diuji dengan Benedict memunculkan warna merah bata.berikan contoh makanan tersebut!


makanan yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi..

permen

13. suatu bahan makanan ketika diuji dengan BIURET akan memunculkan warna ungu, ketika diuji dengan LUGOL tidak terjadi perubahan warna, dan ketika diuji dengan BENEDICT memunculkan warna merah bata. Mengandung bahan apakah makanan tersebut?


Biuret menjadi ungu artinya mengandung protein

Lugol tidak berubah warna artinya tidak mengandung karbohidrat

Benedict menjadi merah bata artinya mengandung glukosa.

Bahan makanan tersebut mengandung protein dan glukosa

14. Suatu bahan makanan ketika diuji dengan biuret memunculkan warna ungu, ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna, dan ketika diuji dengan benedict memunculkan warna merah bata. bahan apakah makanan tersebut


Jawaban:

Bahan makanan diuji dengan biuret terjadi perubahan warna menjadi ungu berarti mengandung protein, dan diuji dengan Benedict terjadi perubahan warna menjadi merah bata berarti mengandung zat gula.


15. Suatu bahan makanan ketika diuji dengan biuret memunculkan warna ungu dan ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna dan ketika diuji dengan benedict memunculkan warna merah bata . Bahan makanan tersebut mengandung .....


Bahan makanan tersebut mengandung protein dan glukosa.

Pembahasan :

Uji kandungan makanan adalah kegiatan yang dilakukan untuk menguji ada tidaknya zat pada makanan dengan menggunakan reagen. Berikut adalah reagen yang sering digunakan dalam uji makanan :

Biuret --> Digunakan untuk uji protein, reagen ini akan berubah warna menjadi ungu saat bereaksi dengan makanan yang mengadung protein. Semakin tinggi protein maka akan semakin pekat warna ungu yang dihasilkan.Lugol/Yodium --> Digunakan untuk uji karbohidrat pada makanan. Reagen ini akan berubah warna menjadi biru, ungu hingga kehitaman saat beraksi dengan zat amilum (Karbohidrat) pada makanan.Benedict --> Digunakan untuk uji kandungan glukosa pada makanan. Reagen ini akan berubah warna menjadi merah bata saat bereaksi dengan glukosa.

Pelajari lebih lanjut : Uji kandungan makanan --> https://brainly.co.id/tugas/36859511Organ-organ penyusun sistem pencernaan -> https://brainly.co.id/tugas/34929800

Detil Jawaban :

Mapel : Biologi

Kelas : VIII

Bab : Sistem pencernaan

Kode : 8.4.7

Kata kunci : Uji makanan, Biuret, Benedict, Lugol.


16. Suatu bahan makanan diuji dengan biuret memunculkan warna ungu, ketika diuji dengan lugol, tdk terjadi perubahan warna, dan ketika diuji dengan Benedict memunculkan warna merah bata. Mengandung bahan apakah makanan tersebut?


biuret untuk pengujian kandungan protein jika berubah ungu
lugol untuk kandungan amilum dan benedict  yang menjadi merah untuk glukosa
jadi makanan tersebut mengandung protein dan glukosa

17. Suatu bahan makanan ketika diuji dengan Biuret memunculkan warna ungu, ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna, dan ketika diuji dengan Benedict memunculkan warna merah bata. Mengandung bahan apakah makanan tersebut?


Jawaban:

Jawabannya adalah ;

Diuji dengan BIURET kemudian muncul warna ungu, demgan demikian makanan tersebut mengandung protein Diuji dengan BENEDICT kemudian warna merah bata, dengan demikian makanan tersebut mengandung gula Diuji dengan lugol kemudian tidak ada perubahan warna maka, makanan tersebut tidak mengandung AMILUM, GLIKOGEN / seLulOsa.. Maaf kalo salah!!!

Penjelasan:

MOHON DI LIKE DAN DI BERI BINTANG 5 YAAAA

MOHON DI JADIKAN JAWABAN TERBAIK YAAAA

FOLLOW MY IG @AIDIL ZHF

OK!!!

<<<<SEMANGAT BELAJAR >>>>

# nyontek di brainly yuk!!

# jangan lupa di follow instagramnya, ya!!


18. Suatu bahan makanan ketika diuji dengan biuret memunculkan warna ungu ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna dan ketika di uji dengan benedict memunculkan warna merah bata mengandung bahan apakah makanan tersebut?jelaskan!


mengandung protein dan amilum.
perubahan warna degan biuret menunjukkan adanya protein sedangkan perubahan warna dengan benedict menjadi merah bata berarti mengandung amilum

19. Suatu bahan makanan ketika diuji dengan biuret memunculkan warna ungu ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna dan ketika diuji dengan benedict , mengapa ?


Bahan makanan tersebut adalah jenis bahan makanan yang mengandung protein namun tidak mengandung karbohidrat.

Biuret --> Uji proteinBenedict --> Uji glukosaLugol --> Uji amilum (Karbohodrat).

20. Suatu bahan makanan ketika diuji dengan biuret memunculkan warna ungu, namun ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna!


Jawaban:

jika dengan biuret berwarna ungu dan dengan lugol tidak maka makanan tersebut mengandung protein

semoga membantu dan jangan lupa untuk follow


Video Terkait


Comments